Journal Geoaplika

Journal Geoaplika adalah jurnal ilmiah berjenis "impact neutral" yang dikelola oleh KK Geologi Terapan, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung. "Neutral impact" atau dampak netral di sini didefinisikan bahwa kami menerbit seluruh artikel riset pada berbagai tahapan tanpa melakukan penilaian terhadap proyeksi dampaknya kepada ilmu pengetahuan.

Menurut kami, keutamaan dari ilmu pengetahuan adalah saat disebarkan. Sementara berbagai riset di Indonesia ini banyak yang mengungkap potensi lokal, sehingga dampaknyapun (terkesan) bersifat lokal pula. Dengan alasan ini, banyak jurnal menolaknya. Banyak diantaranya dikirimkan ke jurnal LN (luar negeri) dan ditolak pada kesempatan pertama.

Riset tidak harus berdampak secara nasional, karena setiap riset akan memiliki keunikan yang diawali dengan keunikan daerah atau obyek riset yang ditelaah.

Walaupun bersifat "impact neutral", tapi kami sepakat bahwa makalah perlu menarik dan menonjolkan sisi kemanfaatannya. Jurnal ini akan menampilkan artikel-artikel yang memperlihatkan penerapan ilmu geosains dan interaksinya dengan bidang ilmu lainnya untuk mengatasi berbagai masalah di masyarakat.


Kami mendefinisikan jurnal ini sebagai "jurnal sains terbuka" karena kami tidak memiliki misi lain, kecuali untuk menjadi media:

  1. publikasi
  2. berlatih
  3. komunikasi para peneliti

Vol 1, No 1 (2019)

Table of Contents

Articles

Rancangan Geotrek Curug Malela PDF (Indonesian)
Muhammad Malik Ar Rahiem 5-18
Makalah Proposal Pengabdian Masyarakat: Penyelidikan dan Pemantauan Kualitas Airtanah sebagai Sumber Air Minum serta Pembinaan Masyarakat di Kawasan Air Panas Conggeang, Kab. Sumedang, Jawa Barat PDF
Arifin Arifin, Dasapta Erwin Irawan, Arif Susanto 19-24
Anatomi makalah Jurnal Geoaplika dan hal unik lainnya PDF (Indonesian)
Dasapta Erwin Irawan 1-4


Journal Geoaplika - an Open Science Journal

KK Geologi Terapan, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung