Sarung Tangan Rehabilitasi dengan Soft-actuator Pneumatik

Ayu G Risangtuni, Dinda T Putri, Suprijanto Suprijanto

Sari


Abstrak

Perkembangan teknologi alat kesehatan dalam negeri di Indonesia tidak banyak mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan untuk memenuhi tingginya kebutuhan alat kesehatan, Indonesia saat ini masih sangat bergantung pada alat-alat kesehatan yang berasal dari luar negeri atau impor. Salah satunya adalah teknologi yang dapat membantu dalam terapi rehabilitasi fisik tangan. Sampai saat ini, perkembangan teknologi alat kesehatan untuk rehabilitasi di dalam negeri masih sangat minim. Oleh karena itu, pada penelitian ini dikembangkan suatu sistem perangkat bantu rehabilitasi tangan berupa sebuah sarung tangan yang dilengkapi dengan penggerak yang berbasis pneumatik. Perangkat ini menggunakan soft-actuator yang pada dasarnya akan berperan sebagai sebuah otot buatan (artificial muscle) untuk membantu pengguna melakukan gerakan sederhana pada tangan, seperti membuka atau menutup telapak tangan. Dengan dikembangkannya alat ini, muncul harapan untuk dapat membantu semua pihak yang terlibat dalam sebuah terapi rehabilitasi fisik, baik tenaga terapisnya maupun pasiennya. Alat ini secara khusus digunakan untuk membantu gerakan membuka tangan. 


Kata Kunci


sarung tangan, rehabilitasi, soft-actuator, pneumatik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Zidni, Fauzan, Paradoks Inovasi Teknologi Alat Kesehatan, https://www.republika.co.id/berita/koran/opini-koran/16/03/14/o40m0h5-paradoks-inovasi-teknologi-alat-kesehatan, 2016, diakses tanggal 15 Agustus 2018

Direktorat Jendral Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Aplikasi Info Alat Kesehatan & PKRT, http://infoalkes.depkes.go.id/, diakses tanggal 14 Agustus 2018

Kementerian Kesehatan RI, Data dan Informasi: Profil Kesehatan Indonesia 2017, 2018.

Pin-Barre, Caroline, Laurin, Jerome, Physical Exercise as a Diagnostic, Rehabilitation, and Preventive Tool: Influence on Neuroplasticity and Motor Recovery after Stroke, Neural Plasticity, vol. 2015, article ID 608581, 2015.

Hariandja, J.R.O., Identifikasi Kebutuhan Akan Sistem Rehabilitasi Berbasis Teknologi Terjangkau Untuk Penderita Stroke di Indonesia. Laporan Riset – Engineering Science LPPM UNPAR. 2013

Antara, Agregasi, Mantap! LPDP Telah salurkan 16.887 Beasiswa. https://news.okezone.com/read/2017/09/14/337/1776208/mantap-lpdp-telah-salurkan-16-887-beasiswa, (28 Agustus 2018)

Polygerinos, P., Lyne, S., et.al., Towards a Soft Pneumatic Glove for Hand Rehabilitation. Proceeding of 2013 IEEE/RSJ International Conference on Intelligent Robot and Systems (IROS), pp. 1512-1517, 2013.

Yap, H. K., Lim, J. H., Goh, J. C. H., Yeow, C. H., Design of a Soft Design of a Soft Robotic Glove for Hand Rehabilitation of Stroke Patients With Clenched Fist Deformity Using Inflatable Plastic Actuators. Journal of Medical Devices, vol. 10, 2016.

Miriyev, A., Stack, K., Lipson, H., Soft Material for Soft Actuators, Nature Communication, vol. 8, article number. 596, 2017.

Mathworks, System Identification Overview, Mathworks, https://www.mathworks.com/help/ident/gs/about-system-identification.html, (28 Agustus 2018)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.