Pertumbuhan Kawasan Pinggiran Kota dan Perubahan Panjang Perjalanan

B. Kombaitan

Abstract


Pertumbuhan kawasan pinggiran kota, terutama di kota besar dan kota raya antara lain, telah membawa warna baru dalam permasalahan pengelolaan pembangunan kota. Beberapa dampak penting dapat dikenali, seberapa jauh panjang perjalanan penduduk kota berubah karenanya. Perwatakan pergerakan tempat tinggal yang terjadi dalam proses pertumbuhan kawasan pinggiran ini merupakan faktor penentu awai. Kemudian dua ciri utama pertumbuhan kawasan pinggiran tersebut yakni terjadi tidaknya suburban spra wi dan tingkat ketergantungan terhadap kawasan pusatakibatsebaran ruang tempatkerja dan keberhasilan pengembangan sub— pusat pelayanan kota menjadi faktor penentu lainnya. Dalam sistem perangkutan perkotaan yang masih bergantung kepada mobil pribadi, panjang perjalanan yang meningkat dikhawatirkan akan mengakibatkan terjadinya krisis bahan bakar minyak serta krisis lingkungan hidup perkotaan akibat emisi gas buang yang lebih cepat.

 


Full Text:

PDF

References


Benyamin Chinitz. 1990. Growth Management : Good for the Town. Bad for the Nation 7. dalam APA Journal. Vol. 56 No. 1. hal. 6-7.

B, Kornbaitan, 1990.11: Suburbanization Process in Metro and Large

Cities in indonesia : A Preliminary View on its Energy Use Implication dalam Proceedings Seminar—Workshop on Energy Integrated Planning in Urban Communities, Baguio City. hal. 179—181.

B. Kombaitan. 1991. Transportation Energy Use Implications of he

Suburbanizatlon Process in Kotamadya Bandung, Usulan Penelitian. Program Pasca Sarjana ITB.

David P. Varady, 1990. influences on the City-Suburban Choice :A

Study of Cincinnati Homebuyers. dalam APA Journal. Vol. 56 No. 1. hal. 22

Gary Pivo. 1990. The Net of Mixed Beads : Suburban Office Development In Six Metropolitan Regions. dalam APA Journal, Vol. 56 No. 4. hal. 457.

Hastu Prabatmodjo. 1992. Sebaran dan Pertumbuhan Penduduk Metropolitan Bandung: Apa yang Dupa! Kita Pelajari. Diskusi Kajian Pengembangan Sumberdaya Manusia, Kantor MenNeg KLH. Jakarta.

Harry W. Richardson. 1988. Monocontrlc vs. Policentric Models: The

Future of Urban Economic: in Regional Science. dalam The Annals of Regional Science. Vol. 22. hal. 1-12.

lvonne Audirac et al., 1990. Ideal Urban Form and Visions of the Good Lite dalam APA Journal, Vol. 56 No. 4. hai. 472-474.

John Pucher. 1988. Urban Travel Behavior as the Outcome of Public

Policy : The Example of Modal-Spin in Western Europe and North America. dalam APA Journal, Vol. 54 No. 4. hal. 515—517.

John Pucher. 1990. Capitalism,Socialism, and Urban Transportation

: Policies and Travel Behavior in the East and West, dalam APA Journal, Vol. 56 No. 2. hal. 292.

LH. Klaassen dan G. Scicemi. 1981. Theoretical Issues in Urban Dynamics dalam LH. Klaassen et al. (ed.). Dynamics of Urban Development. Gower. Harits. hal. 12-19.

Maurice H Yeates dan Stanley D. Brunn. 1983. Cities of North America. dalam Stanley D. Brunn dan Jack F. Williams, Cities of The World: World Regional Urban Development. Harper and Flow Publishers, New York. hal. 53—54.

Mark E. Hanson. 1992. Automobile Subsidies and Land Use: Estimates and Policy Responses. dalam APA Journal. Vol. 58 No. 1. hal. 50.

Peter Gordon et al.. 1989. Congestion. Changing Metropolitan Structure. and City Size ln the United States. dalam international Regional Science Review. Vol. 12 No. 1. hal. 45-56.

Peter Gordon et al.. 1991. The Commuting Paradox: Evidence from The Top Twenty. dalam APA Journal. Vol. 57 No. 4. hal. 416.

Robert Cewero (1989). Job-Housing Balancing and Regional Mobility dalam APA Journal. Vol. 55 No. 2, Spring 1989.hal. 136.

Sugijanio Soegijoko. 1989, The Ordering o'l' Land Use in Suburbe of

Urban Areas: The case of Botabek, Bopunjur. and Bandung Raya, International Symposium for the Ordering of Land Use and Regional Agricultural Development in Asian Countries. Kyoto. Japan. 1989.

Tommy Firman etal.. 1991 . Interaksi Kota dengan Desa di Pulau Jawa : Urbanisasi atau Kotadesasl. FTSP ITB.

William A. Fischei, 1991. Good tor the Town. End for the Nation ? : A

Comment. dalam APA Journal. Vol. 57 No. 3. hal. 341-343.




Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright © 2019 Journal of Regional and City Planning