Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Penguasaan Teknik Dasar Renang Gaya Dada

https://doi.org/10.5614/jskk.2021.6.1.4

Authors

  • Yayan Wardiyanto Ilmu Keolahragaan Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di lapangan terdapat fakta bahwa dalam proses pembelajaran khususnya materi renang gaya dada, sebagian siswa terlihat kurang aktif, takut dengan air dan takut tidak bisa melakukannya sementara siswa yang lainnya bisa mengikuti pembelajaran, sehingga perlu ada solusi untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajar sehingga tercapainya peningkatan penguasaan teknik dasar renang gaya dada. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGFU terhadap penguasaan teknik dasar renang gaya dada. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi 110 siswa kelas VIII A, B dan C SMP Sindangjawa Kabupaten Cirebon. Sampel 17 siswa putra dengan teknik pengambilan sampel random yang homogen. Hasil Penelitian pada Pretest diperoleh rata-rata untuk kelompok eksperimen yaitu 51,87, Posttest diperoleh rata-rata untuk kelompok eksperimen yaitu 37,28 dan hasil latihan diperoleh rata-rata 14,59. Teknik analisis data dengan menggunakan uji hipotesis melalui uji signifikansi dengan hasil bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel dimana t hitung > t tabel = 27,528 > 2,583. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran TGFU memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan teknik dasar renang gaya dada.
Kata kunci: model

Published

2021-08-16

Issue

Section

Articles