Dualisme Modular

Natas Setiabudhi Daryono Putra, Asmudjo Jono Irianto

Abstract


Abstrak. Dualisme merupakan konsep filsafat yang menyatakan bahwa segala sesuatu memiliki dua hal yang berlawanan atau prinsip. Hidup dan mati, laki dan perempuan, siang dan malam, jiwa dan raga, sehat dan sakit, kaya dan miskin, baik dan buruk, halal dan haram, pro dan kontra, aktif dan pasif, statis dan dinamis, tampan dan buruk rupa, besar dan kecil, panjang dan pendek, manis dan pahit, mahal dan murah, kuat dan lemah, dan seterusnya. Dalam konteks karya ini merupakan representasi dari manusia yang pada dasarnya memiliki 2 kepribadian, baik dan buruk. Keduanya diterjemahkan ke dalam konsep modular dalam menyusun sebuah konfigurasi karya.Pesan yang ingin penulis sampaikan adalah seseorang tidak bisa dinilai dari “baju atau seragam” yang ia pakai. Selain itu keseimbangan dalam baik dan buruk yang direpresentasikan dengan modul positif dan negatif menjadi ambigu dalam kaitan dengan pahala dan dosa dalam Islam. Karya ini meminjam gambar Rubin’s vase/goblet (vas/piala Rubin) karya seorang psikolog gestalt Edgar Rubin asal Denmark yang ditransformasi menjadi sebuah karya keramik 3 dimensional [1]. Vas/piala Rubin ini secara perseptual memiliki 2 makna, yaitu gambar vas/piala dan siluet wajah dari samping yang saling berhadapan (pengaruh antarobjek dan latar secara bergiliran). Proses kreasi berasal dari pengalaman empirik personal yang dihubungkan dengan teori-teori pendukung. Perpaduan keduanya menghasilkan karya seni yang merupakan representasi dari realitas. Dalam penciptaan karya seni rupa sebenarnya tidak ada metode baku seperti halnya dalam riset pada umumnya. Proses kreasi kadang berdasarkan intuisi, pengalaman personal yang dominan dan mengandung narasi yang sangat subjektif. Kesemuanya itu dikaitkan dengan disiplin ilmu lainnya (sosial, ekonomi, budaya dan politik) untuk menghasilkan sebuah representasi.

Kata kunci: ambigu; dualisme; gestalt; keramik; modular; vas/piala Rubin.

Modular Dualism

Abstract. Dualism is the concept that everything has two opposite sides or principles. Life and death, male and female, day and night, body and soul, health and sickness, rich and poor, good and evil, halal and haram, pro and con, active and passive, static and dynamic, good and bad looking, big and small, long and short, bitter and sweet, expensive and cheap, strong and weak, and so on. In the context of art, dualism is the representation of human beings as basically having two personalities, good and evil. Both were translated into a modular concept for creating a work configuration. The message that the artist wanted to deliver is that an individual cannot be judged from the ‘clothes or uniform’ s/he wears. In addition, a balance between good and evil represented by positive and negative modules is ambiguous in relation to the concept of reward and punishment in Islam. This final project draws upon the famous vase/goblet picture by Danish gestalt psychologist Edgar Rubin, which was transformed into a three-dimensional ceramic artwork [1]. Rubin’s vase/goblet perceptually contains two meanings, namely the image of a vase/goblet and a facial silhouette facing each other (alternatingly appearing as object or background). The creative process comes from personal-empirical experience linked to the supporting theory. The combination of both resulted in an artwork that represents reality. Generally, in the creation of visual artworks there is no formal method as in scientific research. The creative process is sometimes based on intuition, a dominant personal experience and contains a very subjective narration. All of these are related to other disciplines (social, economical, cultural and political), in order to create a representation.

Keywords: ambiguity; ceramic; dualism; gestalt; modular; Rubin’s vase/goblet.


Full Text:

PDF

References


Jorgen, L.P., Figure and Ground at 100, http://www.psy.ku.dk/om/ Historie/figure_and_ground_at_100/JLPind-Psychologist.pdf, (12 April 2015).

Stanford Encyclopedia of Philosophy, Dualisme, https://plato.stanford. edu/entries/dualism/, (19 Mei 2015).

Nugroho, P., Filsafat Pasca Descartes (Menjawab Dualisme Metafisik Cartesian), Pendahuluan: Dualisme Jiwa – Materi Descarte, http://www.academia.edu/4751414/Filsafat_Pasca_Descartes_Menjawab_Dualisme_Metafisik_Cartesian_Pendahuluan_Dualisme_Jiwa-Materi_Descartes#, (2 April 2015).

Wikipedia, Modular Art, https://en.wikipedia.org/wiki/Modular_art, (23 Juni 2015).

Wikipedia, Klosterneuburg Monastery, https://en.wikipedia.org/wiki/ Klosterneuburg_Monastery, (23 Juni 2015).

Wikipedia, Optical Illusion, https://en.wikipedia.org/wiki/Optical_ illusion, (2 Juli 2015).

Dempsey, A, Styles Schools and Movements (an Encyclopaedic Guide to Modern Art). Thames & Hudson Ltd, London, p. 231, 2002.

Wikipedia, Necker cube, https://en.wikipedia.org/wiki/Necker_cube, (3 Juli 2015)

Gablik, S., Progress in Art, Rizzoli International Publication, Inc, USA, p. 30, 1976.

Wikipedia, Gestalt Psychology, https://en.wikipedia.org/wiki/Gestalt_ psychology, (19 Mei 2015).

Wagemans, J., Historical and Conceptual Background: Gestalt Theory, Oxford Handbook of Perceptual Organisation Oxford University Press, http://www.gestaltrevision.be/pdfs/oxford/Wagemans-Historical_ and_conceptual_background_Gestalt_theory.pdf#, (3 Mei 2015).

Albertazzi, L., van Tonder, G.J., & Vishwanatah, D., Perception beyond Inference, The MIT Press Cambridge, Massachusetts, London, England, p. 5, 2011.

Setiabudhi, N., Belajar Sendiri Membuat Keramik, Penerbit Bejana, Bandung, p. 18, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.5614%2Fj.vad.2017.9.2.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.