Mengenal Relief, Mudra dan Stupa Candi Borobudur untuk Anak-Anak Usia 9-12 Tahun melalui Edugame

Ima Kusumawati Hidayat, Priyanto Sunarto, Triyadi Guntur

Abstract


Candi Borobudur sebagai salah satu aset budaya Indonesia dan menjadi salah satu keajaiban dunia, pertama diperkenalkan kepada anak-anak dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) sebagai bangunan peninggalan kerajaan Buddha di Indonesia. Pengetahuan yang diberikan sebatas pada tahun pembangunan, raja yang memimpin dan membangun, serta nama tingkatan pada candi. Pemberian pelajaran di sekolah tidak hanya dari buku, namun dapat dilakukan dengan pendekatan multimedia. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kepada anak-anak usia 9-12 tahun, guru pelajaran IPS dan pemandu wisata Candi Borobudur yang memberi materi kepada anak-anak ketika berkunjung. Candi Borobudur tidak dapat dipisahkan dari relief-reliefnya yang indah, arca Buddha yang memiliki berbagai sikap tangan (mudra) dan stupa Candi Borobudur menjadi materi yang perlu diberikan kepada anak-anak karena belum didapatkan di sekolah. Memberikan pendekatan yang berbeda dalam mempelajari suatu pengetahuan baru dapat memudahkan anak-anak untuk menyerap teori baru namun dengan cara yang lebih menyenangkan. Memadukan game dengan ilmu pengetahuan menjadi edugame merupakan salah satu cara untuk menyiasati anak-anak agar tetap belajar sambil bermain.

Kata kunci: anak-anak; Candi Borobudur; edugame.

Borobudur Temple is one of the world heritage from Indonesia that being introduced to Indonesian student in history lesson at elementary school. But the national curriculum doesn’t give all children needs because they should learn lot of lessons from history. Different knowledge of Borobudur Temple can be given to children by video game, because as a student, children want to spend their leisure time at home with something they like most. The knowledges that will be given to children are based on the research from children, 9-12 years old, their teachers, and tourist guide who gave the children some knowledge when they come to Borobudur temple. The main of Borobudur temple are it beautiful reliefs, Buddha’s hand positions and stupa. Creating game with education is a one great way to help children learn about Borobudur temple, so they will get new knowledge and fun.

Keywords: Borobudur Temple; children; edugame.


Full Text:

PDF

References


Unesco & National Geographic Indonesia. 2011. Borobudur: The Road to Recovery-Rehabilitation Work and Sustainable Tourism Development, p. 18.

Hurlock, E.B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hardiati, E.S. & Siagian, R. 2002. Candi Sebagai Warisan Seni dan Budaya Indonesia, Yogyakarta: Yayasan Cempaka Kencana.

Marzuki, Y. & Heraty, T. 1989. Borobudur, Jakarta: PT Djambatan.

Oxland, Kevin. 2004. Gameplay and Design, Essex: Pearson Education Limited.

Santrock, J.W. 2011. Masa Perkembangan Anak (Buku 2), Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: http://dx.doi.org/10.5614%2Fitbj.vad.2014.6.1.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.