Looking into the Credibility of Appearance: Exploring the Role of Color in Interface Aesthetics and How it Affects our Perception on System’s Credibility

Achmad Syarief, Haruo Hibino

Abstract


Dalam penelitian  ini dikaji hasil tiga eksperimen sebagai kelanjutan studi yang pernah dilakukan oleh Kurosu-Kashimura [1] dan Noam Tractinsky [2] tentang  relasi antara persepsi pengguna dengan kualitas estetik dan usability tampilan interface. Berdasar dua premis utama yaitu bahwa persepsi estetik dipengaruhi latar belakang kultural serta tampilan yang atraktif dapat mempengaruhi persepsi kehandalan sebuah produk., Dalam penelitian ini dievaluasi bagaimana persepsi pengguna migran (:orang Indonesia yang berada di Jepang) terhadap relasi antara tampilan estetik  dan apparent usability pada sebuah interface produk. Dalam eksperimen dilakukan investigasi efek tampilan warna pada sebuah interface produk terhadap persepsi trustworthy (tingkat kepercayaan) dan credibility (tingkat kredibilitas) produk secara umum. Sebagai stimulus, digunakan tampilan  layout-utama (hasil modifikasi) layar ATM bank di Jepang. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa nilai estetik tampilan interface mempengaruhi persepsi user atas credibility (tingkat kredibilitas) dan trustworthy (tingkat kepercayaan) sebuah objek. Latar belakang budaya pengguna tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap persepsi estetik tampilan interface apabila pengguna telah melakukan adaptasi eksperiential  atau memiliki pengalaman interaksi dengan produk dengan komposisi layout sejenis. Lebih lanjut hasil penelitian menunjukkan bahwa warna memiliki pengaruh penting dalam meningkatkan kualitas ke-atraktif-an, persepsi kredibiltas (credibility), dan tingkat penerimaan (acceptability) pengguna (user). Eksperimen lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana dan seperti apa sebuah kombinasi warna pada sebuah tampilan interface, dapat memiliki pengaruh yang bermakna  pada keterpakaian sebuah  produk.


Full Text:

PDF

References


Kurosu, Masaaki, and Kashimura, Kaori. 1995. Apparent usability vs. Inherent usability. CHI 1995 Conference Companion, pp. 292-293.

Tractinsky, Noam. 1997. Aesthetics and Apparent Usability: Empirically Assessing Cultural and Methodological Issues. CHI 1997 Conference Proceedings, ACM, pp. 115-122.

Maquet, J. 1986. The Aesthetics Experience. Yale University Press, New Haven-CT.

Foley, J.D., A. Van Dam, Feiner, S.K., Hughes, J.F. 1990. Computer Graphics: Principles and Practice. 2nd Edition. Addison-Wesley, Reading – MA.

Marcus, A. 1992. Graphic Design for Electronic Documents and User Interfaces. ACM Press, NY.

Fernandes, T. 1995. Global Interface Design. AP Professional.

Norman, Donald A. 2004. Emotional Design: Why we love (or hate) everyday things. Basic Books, NY.

Fogg, B.J. 2003. Persuasive Technology: Using computers to change what we think and do. Morgan-Kaufmann Publishers, NY.

McCroskey, J.C., and Teven, J.J. 1999. Goodwill: A reexamination of the construct and its measurement. Communication Monographs, 66, pp. 90-130.




DOI: http://dx.doi.org/10.5614%2Fitbj.vad.2007.1.1.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.