MEMBANGUN IDENTITAS VISUAL UNTUK MEDIA PROMOSI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

Riztama Prawita, Wirania Swasty, Patra Aditia

Abstract


Seperti kebanyakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), J-Project belum memiliki identitas visual dan media promosi yang tepat. Ini menyebabkan sulitnya membangun kesadaran merek serta mempromosikan UMKM tersebut. Untuk meningkatkan daya saing industri, perancangan identitas visual dan media promosi yang tepat sangat diperlukan. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, observasi dengan mengamati persaingan industri, kuesioner yang disebar kepada 100 orang komunitas sepeda di Bandung, serta wawancara pada pelaku bisnis. Landasan teori yang digunakan adalah teori pemasaran, teori merek, teori perancangan visual dan teori identitas perusahaan. Bentuk perancangannya meliputi identitas visual (logogram) dan beberapa media promosi untuk menunjang daya saing J-Project seperti poster, brosur, x-banner, website, dan media sosial lainnya. Logogram memiliki makna bahwa J-Project merupakan UMKM yang ingin tumbuh dan berkembang bersama komunitas dengan semangat dan sportifitas yang tinggi. Dengan identitas visual yang baru, J-Project ingin menyampaikan kepada masyarakat luas bahwa bersepeda merupakan salah satu alternatif olah raga yang cukup murah dan mudah.

           

Kata Kunci: Sepeda, Jersey, Identitas Visual, Logo, Media Promosi


Full Text:

PDF

References


Alessandri, S W; Alessandri, T. (2004). Promoting and Protecting Corporate Identity: The Importance of Organizational and Industry Context. Corporate Reputation Review. 7 (3), 252.

Deri dan Prabawa, B. (2014). Identity & Promotional Media of Diradio.net. Jurnal Komunikasi Visual Wimba, 06 (1), 57-70.

Dumitru, N.R., Ionescu. (ND). A. Global Communication Techniques to Be Applied by Multinational Companies. Romanian Economic and Business Review, 6 (4)

Fillis, I. (2003). Image, reputation and identity issues in the arts and crafts organization. Corporate Reputation Review, 6 (3), 239.

Illia, L., Balmer, J.M.T. (2012). Corporate communication and corporate marketing: Their nature, histories, differences and Similarities. Corporate Communications: An International Journal, 17 (4), 415-433. DOI 10.1108/13563281211274121

Melewar, T.C., Karaosmanoglu, E. (2006). Seven dimensions of corporate identity: A categorisation from the practitioners’ perspectives. European Journal of Marketing, 40 (7/8), 846-869. DOI 10.1108/03090560610670025

Mukherjee, A., He, H. (2008). Company Identity And Marketing: An Integrative Framework. Journal of Marketing Theory and Practice, 16, (2), 111

Karaosmanoglu, E., Melewar, T.C. (2006). Corporate communications, identity and image: A research agenda. Journal of Brand Management, 14 (1/2), 196–206. doi: 10.1057/palgrave.bm.2550060

Simões, C., Dibb, S., Fisk, R.P. (2005). Managing Corporate Identity: An Internal Perspective Academy of Marketing Science. Journal, 33 (2), 153

Ward, A., Runcie, E., Morris, L. (2009). Embedding innovation: design thinking for small enterprises. Journal Of Business Strategy, 30 (2/3), 78-84. DOI 10.1108/02756660910942490

Buku

Aaker, D. (1996). Building Strong Brands. New York : The Free Press.

Anggraini S, L., Nathalia, K. (2014). Desain Komunikasi Visual; Dasar-dasar Panduan untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia.

Clow, E. K., Baack, D. (2007). Integrated Advertising, promotion, and Marketing Communication. Edisi 3. New Jersey : Pearson Education, Inc.

Durianto, Sugiarto, dan Sitinjak (2001 : 55) Durianto, D., Sugiarto. Sitinjak, T. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hasan, A. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Jefkins, F., 1997. Periklanan, Jakarta: Erlangga.

Keller, K. L. (2008). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Edisi 3. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kotler, P., Armstrong, G. (2008). Principles of Marketing. Edisi 12. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kotler, P., Keller, K. L. (2012). Marketing Management: Global Edition. London : Pearson Education Limited.

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : C.V Andi.

Morissan, M.A. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Sihombing, D. (2001). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Soemanagara, D. (2006), Strategic Marketing Communication (konsep strategi dan terapan), Bandung: PT Alpabeta.

Swasty, W. (2010). A-Z Warna Interior Rumah Tinggal. Jakarta: Griya Kreasi. ISBN: 979 661 150 3

Wibowo, I.T. (2013). Belajar Desain Grafis. Yogyakarta : Buku Pintar




DOI: http://dx.doi.org/10.5614%2Fsostek.itbj.2017.16.1.3








View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.