PENGARUH PENGGUNAAN BRAND AMBASSADOR “DEWI SANDRA” TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KOSMETIK WARDAH DI KOTA BANDUNG

Ligia Stephani Samosir

Abstract


Perkembangan dunia periklanan yang semakin maju mengharuskan setiap brand untuk memberikan daya tarik terhadap iklannya dengan memunculkan keunggulan yang dimilikinya untuk  menarik minat beli konsumen. Salah satu daya tarik iklan adalah brand ambassador. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand ambassador kosmetik Wardah terhadap keputusan pembelian di kota Bandung. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah wanita yang berusia 15-44 tahun yang berdomisili di Kota Bandung dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer diperoleh dari wawancara, dan kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari penelitian terdahulu, buku, jurnal, dan internet. Teknik  analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil uji t diketahui thitung > tabel, maka Ho ditolak dan H1 diterima. yaitu nilai thitung (4,828) >  tabel   (1,984). Berdasarkan koefisien determinasi, besarnya pengaruh Dewi Sandra sebagai brand ambassador Kosmetik Wardah terhadap keputusan pembelian di Kota Bandung adalah sebesar 18,4%, sedangkan sisanya 81,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.5614%2Fsostek.itbj.2016.15.02.6




View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.