STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DALAM AKUN TWITTER @TELKOMSEL

Harmika Pradnya Rosediana, Reni Nuraeni, Sylvie Nurfebiaraning

Abstract


Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat membuat gaya hidup masyarakat berubah. Pada tahun 2015, 38,4% masyarakat Indonesia atau sekitar 82,2 juta orang telah menggunakan internet dan 69 juta diantarnya aktif menggunakan sosial media facebook dan twitter. Fenomena ini menjadi peluang bagi perusahaan dalam memanfaatkan media untuk mengembangkan komunikasi perusahaan, salah satunya operator telekomunikasi di Indonesia, Telkomsel. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif dengan paradigma post-positvisme dimana peneliti memandang strategi sebagai fenomena yang ada dan utuh. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dengan teknik purposive sampling dan dokumen. Informan merupakan meeka yang mengetahui strategi komunikasi relationship marketing Telkomsel dan mereka yang pernah berkomunikasi dengan twitter @Telkomsel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial twitter bermanfaat untuk PT. Telekomunikasi Seluler dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Fitur-fitur yang dimiliki seperti hashtag, mentions, link gambar dan video memudahkan Telkomsel untuk membuat komunikasi yang menarik. Telkomsel menggunakan strategi promosi, customer care, corporate communication dan publication dalam membangun komunikasi di akun twitter @Telkomsel. Dengan strategi tersebut, Telkomsel dapat menanamkan nilai-nilai relationship marketing berupa komunikasi, kepercayaan, komitmen, kerjasama, dan nilai bersama.


Full Text:

PDF

References


Bungin,Burhan. Penelitian Kualitatif.Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya.Edisi Kedua.2012.Jakarta:Kencana

Comm, Joel.Twitter Power 2.0.How to Dominate Your Market One Tweet at a Time.2010.New Jersey:Wiley

Creswell, John.2014.Penelitian Kualitatif dan Desain Riset.Memilih diantara Lima Pendekatan.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Effendy, Onong.Dimensi-dimensi Komunikasi.1986.Bandung:Rosda Karya

Gummesson, Evert. Total Relationship Marketing.Rethinking Marketing Management Second Edition.2002.London:Butterworth Heinemann

Juju, Dominikus. 2010. Branding Promotion with Social Networking. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kotler, Philip dan Kevin Keller.2009.Manajemen Pemasaran.Edisi 13 Jilid 1.Jakarta:Erlangga

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 2. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Lister, M., et al, (ed). 2009. New Media: A Critical Introduction, Second Edition. New York: Routledge.

Lupiyoadi, Rambat.2014.Manajemen Pemasaran Jasa.Berbasis Kompetensi .Jakarta:Salemba Empat.

McLuhan, Marshall. 1999.Understanding Media:The Extensions of Man. London:The MIT Press

Nasrullah,Rulli.2015.Media Sosial.Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi .Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Smith, PR dan Ze Zook.Marketing Communications. Integrating Offline and Online with Social Media Fifth Edition.2011.New York:Kogan Page

Varey, Richard.Marketing Communication Principles and Practice.2002.New York:Routledg

West dan Lynn H. Turner. 2009. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: http://dx.doi.org/10.5614%2Fsostek.2016.15.3.4




View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.