KAJIAN JURNAL BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL BAGI ANAK

Imaniar Rizki Waridha, Riama Maslan, Hafiz Aziz Ahmad

Abstract


Banyak penelitian menemukan gambar merupakan media favorit anak dalam menyampaikan ide atau emosinya, tetapi tidak sedikit orang dewasa yang masih salah mengartikan maksud gambar anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana jika gambar anak dikombinasikan dengan tulisan dalam jurnal visual, apakah kombinasi tersebut mampu menyampaikan ide atau emosi anak dengan lebih baik. Eksperimen dilakukan dengan sampel 22 anak kelas 3 SD di Kota Bandung dengan 1 wali kelas mereka. Anak diajak untuk mengungkapkan ide atau emosi mereka ke dalam sebuah jurnal, yang kemudian dikelompokkan menjadi jurnal berisi gambar saja, tulisan saja, dan kombinasi gambar tulisan. Wali kelas menilai jurnal menggunakan kuesioner yang disusun peneliti dan psikolog anak berdasar pada penelitian naratif Jennifer New tentang jurnal visual. Kuesioner dengan 5 skala Likerts tersebut mengukur fungsi jurnal sebagai sarana observasi, refleksi, eksplorasi, dan kreasi pada lingkup kehidupan sosial anak di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jurnal visual terbukti lebih berpengaruh terhadap komunikasi anak dibandingkan jurnal dengan gambar saja atau jurnal dengan tulisan saja. Penyampaian ide atau gagasan (kreasi) anak terlihat paling menonjol dalam jurnal visual buatan anak. Oleh karena itu, jurnal visual dapat menjadi media yang tepat untuk menyampaikan ide atau gagasan anak kepada orang dewasa di sekitar mereka.

Some previous studies found that drawings are the most preferred media for children to convey their ideas and emotion; however, their messages through drawings are often misinterpreted by adults. This study was conducted to investigate whether drawings accompanied by textual content in a visual journal could better disseminate children’s opinion and emotion. The experiment was carried out by collecting samples taken from 22 third graders in Bandung. Their homeroom teacher was also recruited in this study. These children were invited to express their ideas or emotion in a journal which
was further divided into three categories, namely a journal depicting visuals only, a journal containing text only, and a journal composed of both. The home teacher evaluated these journals using a-5-point- Likert scale in order to assess the function of the journal as an avenue for the children to observe, reflect, explore, and create their social life in the school. The fndings showed that the visual journal was more influential than the visual only and the text only journals. Furthermore, the visual journal was able to strongly disseminate the children’s ideas and creation. Therefore, the visual
journal can be an appropriate media to convey children’s idea and emotion to adults.

Keywords


gambar anak, jurnal visual, komunikasi anak, komunikasi visual.

Full Text:

PDF

References


Anim, J.O. (2012). The role of drawing in promoting the children’s communication in Early Childhood Education. Thesis submitted in partial fulfilment of the requirements for the Erasmus Mundus joint degree “Master in Early Childhood Education and Care” (Oslo and Akerhesus University College of Applied Sciences, Dublin Institute of Technology and University of Malta)

Britain, W. L. (1979). Creativity, art, and the young child. New York: Macmillan

Fox, J. E. & Joohi L. (2013). When Children Draw vs When Children Don’t: Exploring Effects of Observational Drawing in Science. Published online July 2013 in SciRes (http://www.scirp.org/journal/ce)

Gentle, K. (1985). Children and art teaching. London: Croom Helm.

Hope, G. (2008). Thinking and learing through drawing. London: Sage.

Jaedun, A. (2011). Metodologi Penelitian Eksperimen. Makalah Disampaikan Pada Kegiatan In Service I Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah, yang Diselenggarakan oleh LPMP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Tanggal 20 – 23 Juni 2011

New, J. (2005). Drawing from Life : The Journal as Art. New York : Princeton Architectural Press

Tabrani, P. (2012). Bahasa Rupa. Kelir: Kabupaten Bandung

Tabrani, P. (2014). Proses Kreasi - Gambar Anak – Proses Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Widiyanto, AM, 2013. Statistika Terapan. PT Elex Media Komputindo, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.5614%2Fsostek.itbj.2017.16.3.2








View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.