PERSEPSI VISUAL ELEMEN NILAI PERSONAL BRAND PADA MEDIA KAMPANYE RIDWAN KAMIL

Robby Firmansyah, Agung Eko Budiwaspada, Agus Sachari

Abstract


Personal brand merupakan citra yang tertanam di pikiran publik mengenai individu tertentu. Beberapa dekade terakhir, kegiatan personal branding marak digunakan oleh kandidat kampanye politik untuk membentuk citra dirinya di pikiran publik dan diharapkan dapat meningkatkan elektabilitas pada saat pemilihan. Penelitian ini mengkaji elemen nilai personal brand yang dibentuk melalui proses persepsi visual terhadap media kampanye tahap kedua pemilihan walikota Bandung 2013, Ridwan Kamil. Elemen nilai personal brand yang diteliti berupa citra mengenai hal-hal yang menjadi landasan berpikir dan berperilaku Ridwan Kamil di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Metode kuantitatif digunakan untuk melihat kecenderungan citra nilai yang terbentuk di dalam pikiran kelompok khalayak pemilih pertama melalui elemen visual media kampanye Ridwan Kamil. Metode kualitatif dengan analisis visual semiotika sosial digunakan untuk mendeskripsikan pembentukan citra elemen visual media kampanye tahap kedua Ridwan Kamil melalui proses persepsi visual terhadap elemen visual media kampanye Ridwan Kamil. Berdasarkan hasil olah data kuesioner penelitian, citra nilai Ridwan Kamil yang memiliki skor tertinggi berupa citra cinta yang terbentuk melalui elemen visual artwork ikon hati. Citra Ridwan Kamil terbentuk melalui proses persepsi visual audience untuk memaknai elemen visual (stimuli) yang dipengaruhi oleh pengetahuan audience mengenai stimuli yang dilihat dan kemudahan audience untuk menerima informasi yang disampaikan elemen visual untuk dihubungkan dengan sosok Ridwan Kamil.

 

Personal brand defined as a well-formed public image of particular person. In the past few decades, personal branding activity is used by politicians or electoral candidates to build their public image which is expected to be able to increase their electability. This research analyzed the visual perception of personal brand value element that was formed by visual elements in Ridwan Kamil’s second phase campaign media for Bandung City Mayoral Election in 2013. Personal brand value element is an image to represent Ridwan Kamil’s thought and behavior in the society. This study utilized mixed method, namely quantitative and qualitaive. The quantitative method was used to identify the voters’ perception of Ridwan Kamil’s image established through the visual elements disseminated during the campaign. The qualitative method of visual social semiotic analysis was used to describe the development of Ridwan Kamil’s image through his campaign media visual element and visual perception process. The results of the questioner data analysis indicated that the image which gained the highest score was the image of love which was illustrated by the visual element of an artwork depicting a heart. Ridwan Kamil’s image was established through audience’s perceptual process in interpreting the visual element (stimulus) and associate it with Ridwan Kamil influenced by the audience knowledge upon the stimulus and the absence of difficulty to perceive the information.


Keywords


personal brand; elemen visual; nilai; media kampanye

Full Text:

PDF

References


Adityawan, Arief. (2002). Desain Komunikasi Visual Dalam Komunikasi Politik Pemerintahan Orde Baru: Analisis Tekstual Terhadap Tampilan Presiden Soeharto Dalam Media Komunikasi Pemerintah Tahun 1983-1998. Bandung: Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung.

Biedermann, Hans. (1992): Dictionary of Symbolism. Translated by: James Hulbert. New York: Fact On File, Inc

Bungin, Burhan. (2006): Metode Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodelogis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Caprara, G.V., Schwartz, S., Capanna,C., Vecchione,M. & Barbaranelli, C. (2006). Personality and Politics: Values, Traits, and Political Choice. Political Psychology. Vol. 27, No. 1 (Feb., 2006), pp. 1-28. DOI: 10.1111/j.1467-9221.2006.00447.x

Frutiger, Adrian. (1989). Signs and Symbols Their Design and Meaning. Translated by: Andrew Bluhm. New York: Van Nostrand Reinhol.

Haroen, Dewi. (2014). Personal branding: Kunci Kesuksesan Berkiprah Di Dunia Politik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Montoya, P, & Vandehey, T. (2009). Brand Called You: Create A Personal brand That Wins Attention And Grow Your Business. New York: McGraw Hill.

Parengkuan, E, & Tumewu, B. (2014). Personal brand-Inc: Rahasia Untuk Sukses Dan Bertahan Di Karir. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Robbins, Stepher P. & Judge, Timothy A. (2014). Essentials of Organizational Behavior: Edisi 12. Boston: Pearson.

Rustan, Surianto. (2009). Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia.

Samara, Timothy. (2007). Design Eements: A Graphic Style Manual. Baverly: Rockport Publishers




DOI: http://dx.doi.org/10.5614%2Fsostek.itbj.2017.16.3.5








View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.