PERILAKU MENGAKSES INTERNET DI WARUNG KOPI BEHAVIOR ACCESS INTERNET IN COFFEE SHOP

Redi Panuju

Abstract


ABSTRAK

 

Salah satu nilai (values) yang ditonjolkan oleh warung kopi (Warkop) adalah fasilitas bebas internet atau sering ditulis free Wafi. Tempat ini dikunjungi orang pada jam jam istirahat atau pulang kerja. Pada hari Jumat petang atau Sabtu dan Minggu, anak anak usia sekolah dasar dan Menengah banyak dijumpai di sama, duduk berkelompok dan memainkan gadgetnya. Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui perilaku mereka di warung kopi, mulai dari tujuan berkumpul dan konten apa yang diakses. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan metode observasi dan wawancara mendalam. Data yang diperoleh dianalisis dengan perspektif Sosiologi Komunikasi. Simpulan yang penting anak anak yang mendapat perhatian dari orang tuanya membentuk kelompok yang bertujuan mengakses internet untuk  bersenang senang, yakni dengan game online yang relatif sehat. Sementara anak anak yang kurang mendapat perhatian cenderung mempunyai kebabasan mengakses internet sehingga konten yang diakses berpotensi negatif, seperti game yang mengandung pornografi dan bahkan video porno.

Kata Kunci : Warkop, game-online, pornografi, etnosentrisme, sosiopetik.

 


Keywords


pornografi, sosiopetik, etnosentisme, Warkop

Full Text:

PDF

References


Dr Betty Tresnawati SCOPUS ID 57192065067

Dr Tine Silvina Rachmawati HP : 0811200784




DOI: http://dx.doi.org/10.5614%2Fsostek.itbj.2017.16.3.3








View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.