PENDEKATAN MENGAJAR TEKNIK PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA USIA 12 TAHUN (Studi Eksperimen pada Sekolah Sepak Bola Mandala Ganesa ITB

https://doi.org/10.5614/jskk.2018.3.2.4

Authors

  • Kusnaedi Kusnaedi Institut Teknologi Bandung
  • Tommy Apriantono Institut Teknologi Bandung
  • Samsul Bahri Institut Teknologi Bandung
  • Didi Sunadi Institut Teknologi Bandung
  • Doddy Abdul Karim Institut Teknologi Bandung

Keywords:

metode bagian, metode keseluruhan, passing stop, long passing, sepakbola

Abstract

Sepakbola merupakan cabang olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Dibuktikan dengan banyaknya SSB yang tumbuh di Kota Bandung khususnya dan Indonesia pada umumnya. Keberadaan ini belum mampu menyumbangkan atlet yang berprestasi di tingkat nasional, apalagi dunia. Berdasarkan pengamatan penulis ternyata masih banyak SSB yang pelatihnya memberikan latihan secara konvensional. Berdasarkan hasil pengamatan, penulis termotivasi untuk meneliti bagaimana cara pemberian materi latihan untuk anak usia usia 12 yang efektif. Penulis meneliti teknik passing yang terdiri dari passing stop dan
long passing. Metode yang diberikan yaitu metode keseluruhan dan metode bagian. Penelitian terbatas hanya teknik passing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel yang digunakan siswa SSB Mandala Ganesa ITB usia 12 tahun. Latihan dilakukan 3 kali dalam satu minggu. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 orang. Berdasarkan perhitungan nilai Ó® dan SD didapat hasil: kelompok siswa dengan metode bagian (part method) untuk teknik passing stop data awal Ó®= 10, 73, data hasil tes akhir Ó®= 20,67 dan pada teknik long passing data awal Ó®=12,40, data hasil tes akhir Ó®= 25,07. Sedangkan, pada kelompok siswa dengan metode keseluruhan (whole method) untuk teknik passing stop data awal Ó®= 10,80, data hasil tes akhir Ó®= 15,60 dan pada teknik long passing data awal Ó®=12,00, data hasil tes akhir Ó®= 17,20. Dari hasil perhitungan tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara metode bagian (part method) dan metode keseluruhan (whole metho).

References

Achwani, Moh. Belajar Bermain Sepak Bola. Bandung: Grup Sport Utama, 1994.

Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Harsono. Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan DIRJEN Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Heryanto, dkk. Log Book. Tangerang: Yayasan Porgaki, 1999.

Kusnaedi. Diktat Sepak Bola. Bandung: Departemen Sosioteknologi, FSRD ITB, 2004.

Lutan, R. Belajar Keterampilan Motorik: Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan DIRJEN Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, 1988.

Luxbacher, J.A. Sepak Bola. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada, 1998.

Mutohir. Toho Cholik, Sport Development Index Konsep . Metodologi dan Aplikasi . Jakarta: Kantor Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. 2007.

Nawawi, Hadari. Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sudjana. Metode Statistika. Bandung: Tarsito, 1992.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R &D, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013

Published

2018-12-01

Issue

Section

Articles