IMPLEMETASI MODIFIKASI PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK
DOI:
https://doi.org/10.5614/jskk.2018.3.2.6Keywords:
Modifikasi Pembelajaran, Lompat Jauh Gaya JongkokAbstract
Tujuan umum dari penelitian ini adalah ingin mengetahui perbedaan pengaruh dari pembelajaran menggunakan modifikasi pembelajaran (kelompok A) dan pembelajaran tanpa menggunakan modifikasi (kelompok B) pembelajaran terhadap keterampilan teknik lompat jauh gaya jongkok pada siswa SMA Negeri 1 Cililin Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini termasuk kedalam kategori penelitian eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan teknik lompat jauh gaya jongkok. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cililin Kabupaten Bandung Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cililin Kabupaten Bandung Barat yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa hasil penghitungan t perbandingan perbedaan dua hasil latihan 4.92 lebih besar dari ttabel 1.68. Ini berarti teknik lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan pembelajaran modifikasi lebih signifikan dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan modifikasi pembelajara.References
Bahagia, Y, dkk. (2010). Atletik. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.
Bahagia, Yoyo. (2009). Media Pendidikan, cetakan ke-7. Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undangundang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Hamalik, Oemar. (2010). Psikologi Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Kosasih, Engkos. (2008). Olahraga Teknik dan Program Latihan dan Akademik, Jakarta: Persindo.
Poerwadarminta, S.J.W. (2013). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Suherman, Adang. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Syaifuddin, Aip. (2012). Dasar-dasar Ketrampilan Atletik. Jakarta: Balai Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Copyrights of all materials published in JSKK: Jurnal Sains Keolahragaan dan Kesehatan are freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.