PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MOTOR ABILITY TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA
DOI:
https://doi.org/10.5614/jskk.2019.4.1.6Keywords:
Pendidikan OlahragaAbstract
Secara keseluruhan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil hasil belajar dribbiling sepakbola dengan penerapan pendekatan pembelajaran drill lebih baik dibandingkan dengan penerapan pendekatan pembelajaran inovatif. Mengacu pada kesimpulan penelitian tersebut, maka pada dasarnya bahwa untuk meningkatkan hasil belajar dribbling sepakbola perlu diberikan atau diterapkan pendekatan pembelajaran yang spesifik yang sesuai karakteristik keterampilan atau tujuan kemampuan yang akan dikembangkan. Penerapan pendekatan pembelajaran drill ini adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang cocok untuk peningkatan hasil belajar dribbling sepakbola. Selain penerapan pendekatan pembelajaran yang diberikan, tidak kalah pentingnya adalah memperhatikan kemampuan internal seseorang yang ada hubungannya dengan komponen yang akan dikembangkan. Kemampuan internal individu yang ada kaitannya dengan hasil belajar dribbling sepakbola adalah motor ability. Hal ini sangat membantu guru bahkan siswa untuk memilih metode atau pendekatan pembelajaran yang sesuai dan yang akan dikembangkan agar dapat menghasilkan hasil belajar dribbling sepakbola yang maksimal. Selain itu sebagai pengetahuan untuk guru dalam mendesain program pembelajaran untuk sepakbola dalam mengembangkan hasil belajar dribbling sepakbola yang baik.References
Nana Sudjana, (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Sucipto, dkk., (2000). Sepakbola, Jakaarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Dany Mielke, (2007). Dasar-Dasar Sepakbola. Bandung : Pakar Raya.
Nurhasan dan Hasanudin Cholil, (2014). Tes dan Pengukuran Keolahragaan. Bandung: Red point.
Widiastuti, (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuatitatif dan Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
James Tangkudung, (2006). Kepelatihan Olahraga "Pembinaan Prestasi Olahraga" . Jakarta: Cerdas Jaya.
Frank M. Verducci, (1980). Measurement Concepts in Physical education. St.Louis Missouri: Mosby Company.
Richard Magil dan David Anderson, (2014). Motor Learning and Contro, Concept and Application, Amerika : Mc Graw Hill
Kethleen M. Haywood, dkk. Advanced Analysis of Motor Development Human Kinetics
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Copyrights of all materials published in JSKK: Jurnal Sains Keolahragaan dan Kesehatan are freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.
 
						 
							





 
 

