PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MOTOR ABILITY TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA

Authors

  • Dany Aulia Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.5614/jskk.2019.4.1.6

Keywords:

Pendidikan Olahraga

Abstract

Secara keseluruhan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil hasil belajar dribbiling sepakbola dengan penerapan pendekatan pembelajaran drill lebih baik dibandingkan dengan penerapan pendekatan pembelajaran inovatif. Mengacu pada kesimpulan penelitian tersebut, maka pada dasarnya bahwa untuk meningkatkan hasil belajar dribbling sepakbola perlu diberikan atau diterapkan pendekatan pembelajaran yang spesifik yang sesuai karakteristik keterampilan atau tujuan kemampuan yang akan dikembangkan. Penerapan pendekatan pembelajaran drill ini adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang cocok untuk peningkatan hasil belajar dribbling sepakbola. Selain penerapan pendekatan pembelajaran yang diberikan, tidak kalah pentingnya adalah memperhatikan kemampuan internal seseorang yang ada hubungannya dengan komponen yang akan dikembangkan. Kemampuan internal individu yang ada kaitannya dengan hasil belajar dribbling sepakbola adalah motor ability. Hal ini sangat membantu guru bahkan siswa untuk memilih metode atau pendekatan pembelajaran yang sesuai dan yang akan dikembangkan agar dapat menghasilkan hasil belajar dribbling sepakbola yang maksimal. Selain itu sebagai pengetahuan untuk guru dalam mendesain program pembelajaran untuk sepakbola dalam mengembangkan hasil belajar dribbling sepakbola yang baik.

Author Biography

Dany Aulia, Universitas Singaperbangsa Karawang

Universitas Singaperbangsa Karawang

Fakultas Ilmu Kesehatan

Prodi Ilmu Keolahragaan

References

Nana Sudjana, (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sucipto, dkk., (2000). Sepakbola, Jakaarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Dany Mielke, (2007). Dasar-Dasar Sepakbola. Bandung : Pakar Raya.

Nurhasan dan Hasanudin Cholil, (2014). Tes dan Pengukuran Keolahragaan. Bandung: Red point.

Widiastuti, (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuatitatif dan Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

James Tangkudung, (2006). Kepelatihan Olahraga "Pembinaan Prestasi Olahraga" . Jakarta: Cerdas Jaya.

Frank M. Verducci, (1980). Measurement Concepts in Physical education. St.Louis Missouri: Mosby Company.

Richard Magil dan David Anderson, (2014). Motor Learning and Contro, Concept and Application, Amerika : Mc Graw Hill

Kethleen M. Haywood, dkk. Advanced Analysis of Motor Development Human Kinetics

Published

2020-04-30

How to Cite

Aulia, D. (2020). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MOTOR ABILITY TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 4(1), 36-42. https://doi.org/10.5614/jskk.2019.4.1.6

Issue

Section

Articles