SURVEI ASPEK MENTAL SISWI DI KABUPATEN KARAWANG DALAM MENGIKUTI PERTANDINGAN FUTSAL
DOI:
https://doi.org/10.5614/jskk.2020.5.1.2Keywords:
Aspek Mental, Ekstrakurikuler FutsalAbstract
Survei Aspek Mental Siswi Di Kabupaten Karawang Dalam Mengikuti Pertandingan Futsal. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar aspek mental yang dimiliki pemain futsal putri di Kabupaten Karawang berdasarkan faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil aspek mental siswi di Kabupaten Karawang dalam mengikuti pertandingan futsal, apakah terdapat di kategori baik atau kurang baik. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anggota ekstrakurikuler futsal putri di 10 sekolah di Kabupaten Karawang dengan jumlah responden 73 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei, adapun teknik pengambilan data menggunakan angket, angket dalam penelitian ini berbentuk skala likert. hasil penelitian tersebut diketahui Aspek Mental Siswi dalam Mengikuti Pertandingan Futsal di Kabupaten Karawang yang menyatakan pada kategori "sangat baik" dengan persentase 4,1%, pada kategori "baik" dengan persentase 24,7%, pada kategori "cukup baik" dengan persentase 44,7%, pada kategori "kurang baik" dengan persentase 26,0 %, dan pada kategori "sangat kurang baik" dengan persentase 1,4%.
References
Aziz, F. F. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Bermain Sepakbola.
Juanda, A. (2019). Survei Tingkat Kecemasan Bertanding Terhadap Atlet Futsal SMAN 1 Watansopeng.
Komarudin. (Bandung). Psikologi Olahraga. 2015: PT Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, F. (2017). Futsal Basic Skills. Karawang: Cakrawala Cendekia.
Kurniawan, F., & Mylsidayu, A. (2017). Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Bekasi: Samadiru Bekasi.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mulyono, M. A. (2014). Buku Pintar Panduan Futsal. Banda Aceh: Laskar Aksara Media.
Mylsidayu, A. (2018). Psikologi Olahraga. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Rekadaya, A. (2017). Minat Mahasiswa PJKR Terhadap Mata Kuliah Olahraga Pilihan Judo.
Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Litera Prenada Media Group.
Setiyana, A. (2013). Persepsi Orang Tua Siswa Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Sekolah Dasar Negeri Harjobinangun Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo.
Sudiro. (2012). Persepsi Orang Tua Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SDN Grogol 1 Karangmojo Gunungkidul.
Sugiyono, P. D. (2010). Metode penelitian. Bandung.
Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Start Up.
UNSIKA. (2012). Asas dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Karawang.
Wibowo, S. A., & Rahayu, N. I. (2016). Pengaruh Latihan Mental Imagery Terhadap Hasil Tembakan Atlet Menembak Rifle Jawa Barat.
Zamsumarlin. (2019). Survei Minat Siswa Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal Di SMP Negeri 1 Makassar.
Zulfa, A. (2018). Faktor-FAktor Pembentuk Minat Siswa Putri Kelas VII dan VIII Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Permainan Bola Voli Di SMP Negeri 7 Purworejo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Copyrights of all materials published in JSKK: Jurnal Sains Keolahragaan dan Kesehatan are freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.