Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Penguasaan Teknik Dasar Renang Gaya Dada
DOI:
https://doi.org/10.5614/jskk.2021.6.1.4Abstract
Berdasarkan hasil observasi di lapangan terdapat fakta bahwa dalam proses pembelajaran khususnya materi renang gaya dada, sebagian siswa terlihat kurang aktif, takut dengan air dan takut tidak bisa melakukannya sementara siswa yang lainnya bisa mengikuti pembelajaran, sehingga perlu ada solusi untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajar sehingga tercapainya peningkatan penguasaan teknik dasar renang gaya dada. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGFU terhadap penguasaan teknik dasar renang gaya dada. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi 110 siswa kelas VIII A, B dan C SMP Sindangjawa Kabupaten Cirebon. Sampel 17 siswa putra dengan teknik pengambilan sampel random yang homogen. Hasil Penelitian pada Pretest diperoleh rata-rata untuk kelompok eksperimen yaitu 51,87, Posttest diperoleh rata-rata untuk kelompok eksperimen yaitu 37,28 dan hasil latihan diperoleh rata-rata 14,59. Teknik analisis data dengan menggunakan uji hipotesis melalui uji signifikansi dengan hasil bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel dimana t hitung > t tabel = 27,528 > 2,583. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran TGFU memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan teknik dasar renang gaya dada.
Kata kunci: model
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yayan Wardiyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Copyrights of all materials published in JSKK: Jurnal Sains Keolahragaan dan Kesehatan are freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.