Perilaku Konsumen terhadap Produk Olahraga (Jersey) pada Pesepeda

Authors

  • Ricky Arfiana Rosadi Institut Teknologi Bandung
  • Rini Syafriani
  • Hendra Nugraha

DOI:

https://doi.org/10.5614/jskk.2022.7.2.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen produk olahraga pada pesepeda khususnya dalam pembelian produk jersey sepeda. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan teknik pengambilan data menggunakan metode kuesioner. Partisipan pada penelitian ini adalah masyarakat penghobi olahraga sepeda yang memulai sebelum dan saat pandemi hingga sekarang. Sampel dipilih menggunakan teknik sampel non-probability sampling (purposive sampling). Setelah kuesioner dikumpulkan, data tersebut dianalisis menggunakan metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukan dalam melakukan keputusan pembelian, perilaku konsumen memperlihatkan beberapa faktor menjadi pertimbangan dalam menentukan jersey sepeda mana yang akan responden beli. Faktor-faktor tersebut menjadi acuan konsumen puas atau tidak terhadap produk yang dibeli seperti keterbatasan produk yang menjadikannya eksklusif, keunikan konsep dan desain produk, kualitas produk, keaslian produk, kepopuleran merek, hingga harga yang ditawarkan. Dengan hasil penelitian ini dan ditambah kecenderungan penghobi sepeda naik akibat terjadinya pandemi, ini bisa menjadi masukan buat para produsen produk olahraga khususnya jersey sepeda merek lokal maupun luar negeri dalam meningkatkan kualitas dan penjualan produknya.

Keywords: Jersey Sepeda, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.

Published

2023-03-06

How to Cite

Rosadi, R. A., Syafriani, R., & Nugraha, H. (2023). Perilaku Konsumen terhadap Produk Olahraga (Jersey) pada Pesepeda. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 7(2), 105-113. https://doi.org/10.5614/jskk.2022.7.2.5

Issue

Section

Articles