Differences between Teacher Centered Learning and Student Centered Learning Models on Badminton Playing Skills
DOI:
https://doi.org/10.5614/jskk.2023.8.1.2Abstract
Penerapan model pembelajaran berdampak pada peningkatan keterampilan bermain
bulutangkis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Teacher
Centered Learning (TCL) dengan Student Centered Learning (SCL) terhadap
keterampilan bermain bulutangkis. Metode dalam penelitian menggunakan eksperimen
dengan two group pretest-posttes design. Pengambilan sampel menggunakan teknik
sampling jenuh, pada siswa yang mengikuti ekstrakulikuler bulutangkis sebanyak 40
siswa (20 siswa kelompok TCL dan 20 siswa kelompok SCL). Instrumen menggunakan
Games Performance Assesment Instrumen (GPAI) untuk mengukur keterampilan
bermain bulutangkis. Analisis data menggunakan uji Shapiro-Wilk, Levene Statistics,
Paired Sample t-Test dan Independent Sample t-Test dengan bantuan aplikasi SPSS 25.
Berdasarkan pengolahan dan analisis data ditemukan terdapat pengaruh pada kelompok
SCL (sig 0,000 < 0,05), tidak terdapat pengaruh pada kelompok TCL (sig 0,862 > 0,05),
dan terdapat perbedaan pengaruh antara kelompok TCL dengan SCL sebesar (beda =
1,39; sig 0,000 < 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Student
Centered Learning terhadap keterampilan bermain bulutangkis, tidak terdapat pengaruh
model Teacher Centered Learning terhadap keterampilan bermain bulutangkis, dan
terdapat perbedaan pengaruh yang sugnifikans antara Teacher Centered Learning
dengan Student Centered Learning terhadap keterampilan bermain bulutangkis siswa
SMPN 1 Waled yang mengikuti ekstrakurikuler bulutangkis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sucipto; Widyaningsih; Samsul Bahri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Copyrights of all materials published in JSKK: Jurnal Sains Keolahragaan dan Kesehatan are freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.