Differences between Teacher Centered Learning and Student Centered Learning Models on Badminton Playing Skills

Authors

  • Sucipto Sucipto Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Widyaningsih Widyaningsih Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Samsul Bahri Ilmu Keolahragaa, Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.5614/jskk.2023.8.1.2

Abstract

Penerapan model pembelajaran berdampak pada peningkatan keterampilan bermain
bulutangkis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Teacher
Centered Learning (TCL) dengan Student Centered Learning (SCL) terhadap
keterampilan bermain bulutangkis. Metode dalam penelitian menggunakan eksperimen
dengan two group pretest-posttes design. Pengambilan sampel menggunakan teknik
sampling jenuh, pada siswa yang mengikuti ekstrakulikuler bulutangkis sebanyak 40
siswa (20 siswa kelompok TCL dan 20 siswa kelompok SCL). Instrumen menggunakan
Games Performance Assesment Instrumen (GPAI) untuk mengukur keterampilan
bermain bulutangkis. Analisis data menggunakan uji Shapiro-Wilk, Levene Statistics,
Paired Sample t-Test dan Independent Sample t-Test dengan bantuan aplikasi SPSS 25.
Berdasarkan pengolahan dan analisis data ditemukan terdapat pengaruh pada kelompok
SCL (sig 0,000 < 0,05), tidak terdapat pengaruh pada kelompok TCL (sig 0,862 > 0,05),
dan terdapat perbedaan pengaruh antara kelompok TCL dengan SCL sebesar (beda =
1,39; sig 0,000 < 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Student
Centered Learning terhadap keterampilan bermain bulutangkis, tidak terdapat pengaruh
model Teacher Centered Learning terhadap keterampilan bermain bulutangkis, dan
terdapat perbedaan pengaruh yang sugnifikans antara Teacher Centered Learning
dengan Student Centered Learning terhadap keterampilan bermain bulutangkis siswa
SMPN 1 Waled yang mengikuti ekstrakurikuler bulutangkis.

Downloads

Published

2023-08-24

How to Cite

Sucipto, S., Widyaningsih, W., & Bahri, S. (2023). Differences between Teacher Centered Learning and Student Centered Learning Models on Badminton Playing Skills. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 8(1), 17 - 32. https://doi.org/10.5614/jskk.2023.8.1.2

Issue

Section

Articles