PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP TEKNIK DASAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI
DOI:
https://doi.org/10.5614/jskk.2017.2.1.1Keywords:
Model Pembelajaran Team Games Tournament, Passing Bawah, Bola VoliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap teknik dasar passing bawah permainan bola voli siswa SD Negeri Karangampel II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan one-group pretest-posttest design, teknik pengumpulan data menggunakan tes passing bawah bola voli ke dinding mengadaptasi tes mengoperkan bola (passing) dari Nurhasan. Untuk pengujian hipotesis menggunakan t-test: paired two sample for means. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswakelas V SD Negeri Karangampel II sebanyak 30 siswa dan pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap teknik dasar passing bawah permainan bola voli siswa SD Negeri Karangampel II.References
Dyson, B. P., Linehan, N. R. & Hastie, P. A. The Ecology of Cooperative Learning in Elementary Physical Education Classes. Journal of Teaching in Physical Education, 29, 113-130, 2010.
Gotama, M. R., Adi, I. P. P. & Spyanawati, N. L. P. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif TGT Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Voli. Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 1, 2016.
Kemendikbud. Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jakarta : Kemendikbud, 2013.
Kustiawan, A. A. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Smash normal Bolavoli Pada Siswakelas Xi Sma Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Sportif, 2, (1), 13 -35, 2016.
Laksana, A. A. N. P. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Passing Bola Voli. Jurnal Motion, 5, (2), 242-251, 2014.
Metzler, M. W. Intrictional Model For Physical Education. Massachusetts: Allyn & Bacon, 2000.
Muhajir. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMA/MA Kelas X. Bandung: Erlangga, 2014.
Nugroho, D. R. & Rachman, A. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Team Games Tournament) TGT Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bolavoli Di Kelas X Sman 1 Panggul Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 1, (1), 161 - 165, 2013.
Nurhasan. & Cholil, D. H. Tes dan Pengukuran Keolahragaan, Bandung: FPOK Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, 2007.
Pambayun, N. & Muhammad, H. N. Pengaruh Pemberian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 1, (2), 325 - 328, 2013.
Priyanti, E. D. Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Dengan Menerapkan Metode Team Games Tournament (TGT). Bravo,s Jurnal, 2, (3), 135-142, 2014.
Setyawan, A. & Pardijono. Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Team Games Tournament) Dengan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 2, (2), 515 - 518, 2014.
Suadnyana, I. K., Kanca, I. N. & Suadnyani, P. M.Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Voli. Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 1, 2014.
Suherman, A.Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Bandung: FPOK Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, 2009.
Suwarso, E. & Sumarya.Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kemendiknas, 2010.
Wahyudi, R. A. & Hidayat T. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Passing bawah Bola Voli Studi Pada Siswa Kelas X TPM SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 2, (1), 6 - 9., 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Copyrights of all materials published in JSKK: Jurnal Sains Keolahragaan dan Kesehatan are freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.