PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP TEKNIK DASAR PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI

https://doi.org/10.5614/jskk.2017.2.1.1

Authors

  • Doddy Abdul Karim
  • Agi Ginanjar
  • Dedy Sugiyanto

Keywords:

Model Pembelajaran Team Games Tournament, Passing Bawah, Bola Voli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap teknik dasar passing bawah permainan bola voli siswa SD Negeri Karangampel II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan one-group pretest-posttest design, teknik pengumpulan data menggunakan tes passing bawah bola voli ke dinding mengadaptasi tes mengoperkan bola (passing) dari Nurhasan. Untuk pengujian hipotesis menggunakan t-test: paired two sample for means. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswakelas V SD Negeri Karangampel II sebanyak 30 siswa dan pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap teknik dasar passing bawah permainan bola voli siswa SD Negeri Karangampel II.

References

Dyson, B. P., Linehan, N. R. & Hastie, P. A. The Ecology of Cooperative Learning in Elementary Physical Education Classes. Journal of Teaching in Physical Education, 29, 113-130, 2010.

Gotama, M. R., Adi, I. P. P. & Spyanawati, N. L. P. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif TGT Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Voli. Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 1, 2016.

Kemendikbud. Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jakarta : Kemendikbud, 2013.

Kustiawan, A. A. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Smash normal Bolavoli Pada Siswakelas Xi Sma Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Sportif, 2, (1), 13 -35, 2016.

Laksana, A. A. N. P. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Passing Bola Voli. Jurnal Motion, 5, (2), 242-251, 2014.

Metzler, M. W. Intrictional Model For Physical Education. Massachusetts: Allyn & Bacon, 2000.

Muhajir. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMA/MA Kelas X. Bandung: Erlangga, 2014.

Nugroho, D. R. & Rachman, A. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Team Games Tournament) TGT Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bolavoli Di Kelas X Sman 1 Panggul Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 1, (1), 161 - 165, 2013.

Nurhasan. & Cholil, D. H. Tes dan Pengukuran Keolahragaan, Bandung: FPOK Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, 2007.

Pambayun, N. & Muhammad, H. N. Pengaruh Pemberian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 1, (2), 325 - 328, 2013.

Priyanti, E. D. Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Dengan Menerapkan Metode Team Games Tournament (TGT). Bravo,s Jurnal, 2, (3), 135-142, 2014.

Setyawan, A. & Pardijono. Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Team Games Tournament) Dengan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 2, (2), 515 - 518, 2014.

Suadnyana, I. K., Kanca, I. N. & Suadnyani, P. M.Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bola Voli. Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 1, 2014.

Suherman, A.Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Bandung: FPOK Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, 2009.

Suwarso, E. & Sumarya.Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kemendiknas, 2010.

Wahyudi, R. A. & Hidayat T. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Passing bawah Bola Voli Studi Pada Siswa Kelas X TPM SMK Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 2, (1), 6 - 9., 2014.

Published

2017-06-01

Issue

Section

Articles