PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK DASAR (FUNDAMENTAL MOTOR SKILLS) ANAK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN MURID TAMAN KANAKKANAK KOTA PADANG

Authors

  • Anton Komaini

DOI:

https://doi.org/10.5614/jskk.2017.2.2.6

Keywords:

Keterampilan Gerak Dasar, Aktivitas Bermain

Abstract

Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan gerak dasar anak di Kota Padang Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian tahun 2017 yang menyebutkan bahwa 32,26% murid taman kanak-kanak di Padang Utara mendapat skor keterampilan gerak dasar di bawah rata-rata. permasalahan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain minimnya model pembelajaran gerak dasar murid, rendahnya aktivitas bermain anak, dan minimnya sarana prasarana pengembangan gerak di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar anak melalui peningkatan aktivitas bermain anak selama di Sekolah. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen, Populasi Penelitian adalah murid TK Quwwatul Ummah, sampel diambil kesluruhan jumlah murid yaitu 25 orang murid. Data keterampilan gerak dasar anak diambil dengan menggunakan tes keterampilan gerak dasar anak. Hasil Analisis data dan pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05, dari analisis data dapat diperoleh hasil Terdapat pengaruh pendekatan bermain terhadap kemampuan motorik kasar murid dengan perolehan Thitung 27,17>Ttabel 1,71. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar anak.

References

Ahmad Zaini. 2015. "Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini" . Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, (Online), Vol. 3, No. 1 (http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/thufu la/article/view/1432, diakses 13 Maret 2017 pukul 23:41 wib).

Andini Dwi Intani. 2016. "Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Berbasis Permainan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Anak Tuna Grahita" . Jurnal Motion, (Online), Vol. VII, No. 1, (http://ejournalunisma.net/ojs/index.php/motion/article/view/ 1242/1098, diakses 02 April 2017 pukul 09:00 wib).

Bakhtiar, Syahrial. Fundamental Motor Skills among 6-Year-Old Children in Padang, West Sumatera, Indonesia. Asian Social Science. Vol. 10 No 5; 2014.

Bakhtiar, Syahrial, Strategi Pembelajaran, Lokasi Sekolah, dan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 20 Nomor 2, Desember 2014.

Goodway J, Famelia, R, Bakhtiar, S. Future Directions in Physical Education & Sport: Developing Fundamental Motor Competence in the Early Years Is Paramount to Lifelong Physical Activity. Asian Social Sci J [Internet] 2014 Feb [cited 2016 Sept 14]; Vol. 10, No. 5. pp 44-54

Kiram, Yanuar. 2000. Belajar Motorik. Padang: FIK UNP.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Patmonodewo, Soemiarti. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Depdikbud Bekerjasama dengan Rineka Cipta, 2003.

R, Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group

Published

2017-12-01

How to Cite

Komaini, A. (2017). PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK DASAR (FUNDAMENTAL MOTOR SKILLS) ANAK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN MURID TAMAN KANAKKANAK KOTA PADANG. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 2(2), 54 - 56. https://doi.org/10.5614/jskk.2017.2.2.6

Issue

Section

Articles