PERBANDINGAN HASIL LATIHAN KELINCAHAN DI TIGA MEDIA TEMPAT PADA PEMAIN BOLABASKET BINADARMA
DOI:
https://doi.org/10.5614/jskk.2018.3.1.5Keywords:
Kelincahan, permukaan keras, pasir, airAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan kelincahan di tiga media tempat (permukaan keras, pasir, dan air) pada atlet putra UKM Bolabasket Universtias Binadarma. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Three Group Pretest-Posttests Design. Populasi penelitian ini adalah atlet putra UKM Bolabasket Universtias Binadarma yang berjumlah 30 atlet. Sampel penelitian ini 30 atlet yang diambil dengan teknik total sampling. Instrumen mengukur kelincahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Illinois Agility Run Test . Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA satu jalur yang dilanjutkan dengan uji rentang Tukey pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh latihan kelincahan di tiga media tempat yang signifikan (p = 0.02 < 0.05). Untuk meningkatkan kelincahan lebih tepat jika berlatih menggunakan media pasir.References
Dawes. J & Roozen, M (2012). Developing Agility and Quickness (Sport Performance Series). Champaign: Human Kinetics.
Knopf, K. (2012). Make the pool your gym. Berkeley: Ulysses Press
Kumar, P. (2015). Ilmpact of sand training for endurance development among athletes. International Journal of Applied Research 2015, 1 (7). PP 503-506
Layne, M.Water Exercise. Champaign: Human Kinetics.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Copyrights of all materials published in JSKK: Jurnal Sains Keolahragaan dan Kesehatan are freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.