INTERPRETASI IDEOLOGI PANCASILA MELALUI REPRESENTASI VISUAL DALAM LOGO PARTAI GOLKAR

Authors

  • Nadim Arsalam itb
  • Sultan Isa itb
  • Andri Candra Sambada itb

Keywords:

Ideology, Pancasila, logo, symbolism

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis identitas visual Partai Golkar menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan teknik analisis konten. Data dalam penelitian ini berupa gambar logo Partai Golkar dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan identitas visual Partai Golkar. Hasil penelitian menunjukkan logo Partai Golkar memiliki makna yang mendalam dan kompleks. Penggunaan simbol dan warna pada logo merefleksikan nilai-nilai seperti stabilitas, kesejahteraan, kerja keras, perdamaian, dan ideologi Pancasila. Analisis semiotika Barthes terhadap logo Partai Golkar dapat menghasilkan interpretasi tiga tingkatan, yaitu konotatif, denotatif, dan mitos. Mitos yang terbentuk di masyarakat akan menjadi sistem semiologis yang membentuk nilai-nilai partai tersebut. Penggunaan teori semiotika dapat membantu memahami makna visual logo Partai Golkar dan merespons pesan yang disampaikan melalui logo tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan studi desain komunikasi visual dan semiotika, serta pengembangan identitas visual bagi partai politik di Indonesia.
kata kunci: identitas visual, semiotika, logo, Partai Golkar, Pancasila

This research aims to analyze the visual identity of the Golkar Party using Roland Barthes’ semiotics theory through descriptive analytics with content analysis techniques. Golkar Party logo and documents related to the visual identity of the Golkar Party are used as data. The results show that the Golkar Party logo has deep and complex meanings. The use of symbols and colors in the logo reflects values such as stability, prosperity, hard work, peace, and the Pancasila ideology. Barthes’ semiotics analysis of the Golkar Party logo can produce interpretations at three levels: connotative, denotative, and myth. The myths formed in society will become a semiological system that shapes the values of the political party.
The use of semiotics theory can help understand the visual meaning of the Golkar Party logo and respond to the messages conveyed through the logo. This research is expected to contribute to the development of visual communication design and semiotics studies, as well as the development of visual identities for political parties in Indonesia.
Keywords: visual identity, semiotics, logo, Golkar, Pancasila

References

Aprianti, R. (2013): Ideologi dalam Desain Komunikasi Visual, Jurnal Komunikator, 5(2), 59–69.

Heidgerken, L. E., and Creswell, J. W. (2015): Educational Research planning, conducting, Nd evaluating quantitative and qualitative research, Nursing Research, 4, 46. https://doi.org/10.4324/9781351004626-12

Hidayat, J. (2007): Desain Sebagai Fenomena Ideologi, Dimensi Interior, retrieved from internet: http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/int/article/view/16873, 5(1), 34–43.

Mclellan, D. (2016): Marxism, Religion and Ideology, 1–23.

Muttaqin, Z. (2019): Pemahaman dan Implementasi Ideologi Pancasila di Kalangan Generasi Muda (Studi Kasus di Desa Sumi Kecamatan Lambu Kabupaten Bima), CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 27. https://doi.org/10.31764/civicus.v7i2.1139

Pasaribu, R. B. F. (2013): Pancasila Sebagai Ideologi Nasional, Pancasila Sebagai Ideology Dalam Berbagai Bidang Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara, Vol.2(1), Hal.65.

Pradopo, R. (1998): Semiotika: teori, metode, dan penerapannya.

Pratiwi, T. S., Putri, Y. R., and Sugandi, M. S. (2015): Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Logo Calais Tea Roland Barthes Semiotics Analysis on Calais Tea Logo, E-Proceeding of Management, 2(3), 4327–4336.

Rukma, P. N., Masalah, P., Akbar, S., and Masalah, P. (2020): ANALISIS SIMBOL – SIMBOL IDEOLOGI PADA LOGO PSI, 1–11.

Tisdell, S. B. M. E. J. (2016): Qualitative Research A Guide to Design and Implementation (Sharan B. Merriam, Elizabeth J. Tisdell), Jossey-Bass A Wiley Brand, San Francisco.

Vera, Nawiroh. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sejarah Partai Golkar. (2021). Retrieved from https://www.partaigolkar.com/profil/

Tinarbuko, Sumbo. (2009). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Published

2023-09-27

How to Cite

Nadim Arsalam, Sultan Isa, & Andri Candra Sambada. (2023). INTERPRETASI IDEOLOGI PANCASILA MELALUI REPRESENTASI VISUAL DALAM LOGO PARTAI GOLKAR. KATARUPA - Jurnal Literasi Budaya Visual, 1(1), 45-54. Retrieved from https://journals.itb.ac.id/index.php/katarupa/article/view/21230