Analisis Deformasi Gunung Api Papandayan Berdasarkan Data Pengamatan GPS Tahun 2002 – 2011

Ilham Jamel, Irwan Meilano, Irwan Gumilar, Dina Anggraeni Sarsito, Hasanuddin Z. Abidin

Sari


Abstrak. Gunung api Papandayan adalah gunung api yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung api dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung. Gunung api Papandayan merupakan salah satu gunung api aktif di Indonesia. Salah satu metoda pemantaun aktivitas vulkanik gunung api adalah dengan metoda deformasi. Dalam melakukan penelitian deformasi yang terjadi, digunakan data pengamatan survei GPS (Global Positioning System). Pada dasarnya survei ini dilakukan untuk mengetahui pola dan kecepatan deformasi yang terjadi pada Gunung api Papandayan. Dari analisis unsur deformasi ini, dapat diketahui karakteristik deformasi yang terjadi pada gunung api tersebut. Pada Gunung api Papandayan deformasi yang terjadi dipengaruhi oleh tekanan magma dari dalam gunung. Dari analisis yang dilakukan, sumber magma dalam dan sumber magma dangkal mempengaruhi aktivitas gunung. Pada tahun 2003-2005 terdapat dua sumber magma dimana di sana terjadi proses inflasi. Pada tahun 2005-2008 hanya satu sumber yang mempengaruhi dimana di sana terjadi proses deflasi. Pada tahun 2008-Juli 2011 terdapat dua sumber  magma yang mempengaruhi dimana di sana terjadi proses deflasi dan inflasi. Pada Juli 2011-Agustus 2011 terdapat satu sumber magma dimana di sana terjadi proses inflasi. Pada tahun 2003-Agustus 2011 terdapat dua sumber magma dimana di sana terjadi proses deflasi dan inflasi.

Kata Kunci : Survei GPS, deformasi, model Mogi

 

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abidin, Hasanuddin.Z. 2007. Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya. Jakarta : PT Pradnya Paramita.

Andreas, Heri. 2001. Analisis deformasi Gunung api Papandayan Memanfaatkan Parameter Baseline Hasil Survei GPS. Tugas Akhir Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika.

Haerani, Nia. 2009. Deformasi Gunung api Kelud Pasca Pembentukan Kubah Lava November 2007. Tesis Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika.

Kusnandar, Arif. 2004. Studi Karakteristik Deformasi Gunung api Papandayan Sebelum Letusan dan Setelah Letusan November 2002. Tugas Akhir Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika.

Nugroho, Hari. 2000. Prediksi Aliran Lahar Gunung api Menggunakan Pemodelan Spasial Dinamis Studi Kasus Letusan Gunung Galunggung Tahun 1982. Tesis Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. 2007. Determinasi sumber tekanan dan analisis regangan utama di Gunung api Papandayan untuk mengetahui korelasi dengan kegempaan. Jurnal Geologi Indonesia.

Tjetjep, Wimpy S. 2002. Dari Gunung api Hingga Otonomi Daerah. Yayasan Media Bhakti Tambang .

Witton, Patrick dan Mark Elliot. 2003. Indonesia. Lonely Planet Pubications, Ltd.

Yunazwardi, Mutiara. 2010. Analisis Deformasi Gunung api talang Berdasarkan Data Pengamatan GPS tahun 2005-2009. Tugas Akhir Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika.