Kinerja Ruas Jalan Perkotaan Jalan Prof Dr. Satrio, DKI Jakarta

Barry Setyanto Koloway

Abstract


Jalan Prof. Dr. Satrio merupakan jalan perkotaan di DKI Jakarta yang saat ini memiliki aktivitas guna lahan samping jalan yang beragam serta tingkat kesibukan yang tinggi. Aktivitas guna lahan yang beragam tentunya menarik pergerakan melintasi Jalan Prof. Dr. Satrio yang secara langsung mempengaruhi kondisi arus lalu lintas pada ruas jalan dan berpotensi menimbulkan titik konflik yang menghambat arus pergerakan lalu lintas. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja ruas Jalan Prof. Dr. Satrio saat ini, diukur berdasarkan derajat kejenuhan, kecepatan tempuh, waktu tempuh dan tingkat pelayanan (Level of Services). Kemudian setelah mengetahui kinerja ruas jalan maka diberikan alternatif penanganan untuk dapat meningkatkan kinerja ruas Jalan Prof. Dr. Satrio. Pada studi ini disimpulkan bahwa kinerja ruas Jalan Prof. Dr. Satrio, pada jam puncak hari kerja terutama, berada pada kondisi yang kurang baik. Untuk memperbaiki hal ini, serta menghindari bertambah buruknya kinerja ruas jalan tahun 2014, maka diperlukan penanganan berupa pengelolaan lalu lintas, regulasi pemberhentian angkutan umum, pembuatan jembatan penyeberangan, pemasangan road furniture untuk meningkatkan tingkat disiplin pengguna kendaraan serta peningkatan kapasitas jalan.

Kata kunci: Kinerja Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan, Kecepatan Tempuh, Waktu Tempuh

 

Jalan Prof. Dr. Satrio is an urban street in Jakarta, which currently has a variety of function land beside the road activities with a high level of activity. Variety of function land activities would attract movements across Jalan Prof. Dr. Satrio that directly affects traffic flow condition on the roads and potential conflict points that impede the movement of traffic. This study aims to determine how the current performance of Jalan Prof Dr Satrio, measured by the degree of saturation, the travel speed, travel time and Level of Services. Then, after knowing the road segment performance, alternative treatments are given to improve the performance segment of Jalan Prof. Dr. Satrio. In this study concluded that the performance segment of Jalan Prof. Dr. Satrio, especially weekdays at peak hours, is in poor condition. To fix this, and to avoid the aggravation of the road performance in 2014, it would require the handling of traffic management, regulation of public transportation stops, the making of pedestrian bridge, installation of road furniture to increase the level of discipline motorists and road capacity.

Keywords: Toll Road Performance, Degree of Saturation, Levels of Service, Actual Speed, Travel Time

Full Text:

PDF

References


Aruan, Kokoh Ronald. 2008. Studi Pengaruh Beroperasinya Pusat-Pusat Perbelanjaan Baru Terhadap Penurunan Tingkat Pelayanan Jalan Margonda Raya – Kota Depok.Tugas Akhir. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITB, Bandung, Indonesia.

Branch, Melville C (1995). “Perencanaan Kota Komprehensif: Pengantar & Penjelasan”. Yogyakarta, Indonesia: Gadjah Mada University Press.

Direktorat Jenderal Bina Marga. “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)”. Departemen Pekerjaan Umum. 1997.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. “Pedoman Teknis Analisis Dampak Transportasi di Wilayah Perkotaan”. Departemen

Perhubungan. 2007

ITE (1991). “Traffic Access And Impact Studies For Site Development”. Washington DC, USA : Institute of Transportation Engineering.

Koloway, Andy W dan Rendra Dwi Lusmana. 2005. Identifikasi Perubahan Moda Transportasi di Kota Bandung. Tugas Akhir. Departemen Teknik Sipil dan Perencanaan ITB, Bandung, Indonesia.

Kusbiantoro, B S (2007). “Memanusiakan

Perencanaan Sistem Transportasi”.

Bandung, Indonesia : BS Kusbiantoro.

Lembaga Demografi UI (1981). “Dasar-dasar Demografi”. Jakarta, Indonesia : Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas

Indonesia.

Matgiarso, Apri Hari. 2008. Kajian Penanganan Persoalan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Terpengaruh Akibat Dampak Tarikan Kendaraan Pusat Perbelanjaan Paris Van Java (PVJ), Studi Kasus: Jalan Sukajadi dan Jalan Karang Tinggal, Kota Bandung. Tugas Akhir. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITB, Bandung, Indonesia.

Meyer, Michael D dan Eric J.Miller (2001).

“Urban Transportation Planning : A

Decision Oriented Approach”. Second

Edition. New York : McGraw-Hill.

Miro, Fidel (2005). “Perencanaan Transportasi Untuk Mahasiswa, Perencana, dan Praktisi”. Jakarta, Indonesia : Erlangga

Morlok, Edward K. (1991). “Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi”. Jakarta, Indonesia: Erlangga.

Ogden, Kenneth W dan David Winston Bennet (1984).“Traffic Engineering Practice”.Third Edition. Victoria, Australia : Department of Civil Engineering Monash University.

Panjaitan, Johannes Tumpal. 2008. Identifikasi Karakteristik Tundaan di Ruas Jalan Sukajadi, Kota Bandung.Tugas Akhir. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITB, Bandung, Indonesia.

Pemerintah Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. “Kajian Implementasi Pola Transportasi Makro”. 2004

Peraturan Daerah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 6 Tahun 1999 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan

Roess Roger P, dkk (1998). “Traffic Engineering”.Second Edition. New Jersey : Prentice-Hall Inc.

Rozano, Boby. 2005. Analisis Kinerja Jaringan Jalan : Koridor Jalan Arteri Surapati-Cicaheum Kota Bandung. Tugas Akhir. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITB, Bandung, Indonesia.

Shunk, Gordon A (1992).“Transportation Planning Handbook”. New Jersey : PTR Prentice-Hall Inc. Page 88 “Urban Transportation System”.

Tamin, Ofyar Z (2000).“Perencanaan dan Pemodelan Transportasi”. Bandung, Indonesia : Penerbit ITB.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 1992 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan

Wibowo, Sony S, dkk (2001). “Pengantar Rekayasa Jalan”. Cetakan Ketiga. Bandung, Indonesia : Institut Teknologi Bandung.




Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright © 2019 Journal of Regional and City Planning