Aplikasi Sistem Informasi Geografis: Land Use Accounting System

Roos Akbar

Abstract


Perkembangan sistem informasi geografis saat ini telah menunjukkan suatu fenomena yang menarik. Tidak hanya dalam pengembangan perangkat lunak maupun perangkat keras, namun yang lebih penting lagi adalah dalam aplikasi sistem informasi geografis tersebut untuk kepentingan perencanaan tata ruang.

Rangkaian tulisan tentang Sistem Informasi Geografis yang disajikan berseri dalam Jurnal PWK, telah menunjukkan bahwa perkembangan teknologi tersebut menuntut suatu persiapan perangkat peraturan dan administratif yang berbeda.

Kesulitan—kesulitan dalam menyiapkan basis data yang dimulai dari penyiapan peta dasar, keseragaman sistem proyeksi, klasifikasi yang dipergunakan dalam hal peta penggunaan tanah dan sebagainya, menyebabkan pemanfaatan sistem informasi geografis sebagai suatu 'tool' harus dilihat dan dipertimbangkan dalam suatu spektrum yang luas.

Peran pemerintah, swasta maupun perguruan tinggi mutlak diperlukan untuk sampai pada suatu kerangka tata informasi geografis yang baik dan benar.

Tulisan berikut ini merupakan sebuah kerangka pemikiran dalam penyusunan Land Use Accounting System dalam pekerjaan Urban Fringe Area Planning Studies sebagai salah satu komponen Jakarta Urban Development Project III (JUDP III)


Full Text:

PDF


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright © 2019 Journal of Regional and City Planning