About the Journal

Focus and Scope

Fokus dan lingkup jurnal 

Fokus jurnal

Jurnal ini fokus pada pengembangan sains terbuka di bidang air tanah, hidrogeologi dan sumber daya air pada umumnya. Kami memuat artikel yang memiliki karakter:

  • Memberikan pemahaman lebih dalam tentang air tanah, hidrogeologi, dan sumber daya air pada umumnya, juga terkait dengan interaksinya dengan manusia dan ekosistem di bumi,
  • Memaparkan perkembangan ilmu air tanah, hidrogeologi dan sumber daya air di Indonesia,
  • Memberikan akses informasi seluas-luasnya kepada forum peneliti, pendidik, perekayasa, dan praktisi di bidang air tanah, hidrogeologi, dan sumber daya air,
  • Menjelaskan perkembangan suatu kegiatan riset secara menyeluruh pada berbagai tahapan,
  • Mengutamakan keterbukaan data dan metode agar dapat direproduksi oleh pembaca atau peneliti lainnya yang berkepentingan.

Lingkup jurnal

Secara lebih rinci, kami menerima artikel tentang air tanah, hidrogeologi dan sumber daya air pada lingkup keilmuan sebagai berikut:

  1. hidrogeokimia,
  2. hidrogeofisika,
  3. hidrogeomorfologi,
  4. hidrometeorologi,
  5. akuatik biology,
  6. interaksi air tanah dengan air permukaan,
  7. pemodelan matematika dan numerik,
  8. ekonomi sumber daya air,
  9. sosiologi sumber daya air,
  10. kesehatan masyarakat yang terkait dengan sumber daya air.

Jenis makalah yang kami terima

  1. original research article: artikel yang berisi laporan riset orisinal secara penuh (ditulis sebagai laporan hasil riset setelah semua tahapan selesai dikerjakan).
  2. literature review: berisi ulasan literatur yang telah ada dengan menitikberatkan kepada artikel rujukan utama dalam riset penulis (tim penulis), memaparkan adanya kesenjangan informasi, yang akan diisi oleh riset yang akan dikerjakan oleh penulis (tim penulis). 
  3. data paper: artikel yang utamanya berisi data sebagai luaran riset independen, disertai latar belakang dan teknik pengambilan datanya. 
  4. short communications/early research outcomes: berisi laporan hasil analisis sementara atau belum lengkap. 
  5. metode/protokol pengolahan data: artikel ini utamanya berisi uraian tentang prosedur eksperimen atau pengolahan data secara rinci disertai latar belakang mengapa metode atau beberapa metode tersebut dipilih. 

 

Peer Review Process

Seluruh artikel yang terbit di JAT telah menjalani proses seleksi awal oleh Ketua Penyunting (editor in chief) serta open peer-review oleh Mitra Bestari secara mandatori. Selain itu, kami juga mendorong penulis untuk mengunggah artikel pra peer review nya di preprint server non-komersial INArxiv dan mensosialisasikannya untuk mendapatkan komentar publik. Komentar publik dapat pula disampaikan melalui PRE-Review Authorea Group Page.

Kami bekerjasama dengan platform penulisan Authorea dan Overleaf, serta platform anotasi dan komentator (annotation and commenting) Hypothes.is. Penulis dapat menyertakan berbagai komentar publik tersebut sebagai material pendukung (supplementary material) untuk melengkapi proses peer review. Keputusan diterima atau tidaknya suatu naskah artikel dibuat oleh Ketua Penyunting berdasarkan atas rekomendasi atau komentar-komentar dari Mitra Bestari. 

Yang unik dari jurnal ini adalah, bahwa penulis dapat memilih untuk menayangkan artikel pra-peer reviewnya via INArxiv Authorea Group Page sebagai artikel versi 1. Selanjutkan saat artikel telah selesai menjalani peer review dan dinyatakan diterima, penulis dapat menayangkannya kembali sebagai artikel versi 2. 

Open Access Policy

JAT adalah jurnal open access. Pembaca dapat membaca, menyitir, mengadaptasi, melakukan analisis ulang (reproduce), melakukan analisis turunan (derivative analysis), serta menggunakan sebagian atau seluruh bagian dari artikel untuk berbagai keperluan (non-komersial dan komersial) dengan menyebutkan artikel ini sebagai sumbernya. Kami menempelkan lisensi CC-BY 4.0 International secara penuh pada seluruh artikel. 

Sponsors

Perhimpunan Ahli Airtanah Indonesia (PAAI)

INArxiv - Indonesia's e-print server based on Open Science Framework server, created by Center for Open Science (COS)

Journal History

Jurnal ini mulai direncanakan pada akhir 2017 dalam kegiatan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Perhimpunan Ahli Airtanah Indonesia (PAAI). Pemangku kepentingan jurnal ini terdiri dari peneliti, dosen, birokrat, serta industri/praktisi di bidang sumber daya air.