Optimasi Aerodinamika-Radar Cross Section (RCS pada Sayap) Cropped Delta dengan Metode Design of Experiments (DOE) dan Multi Objective Genetic Algorithm

Authors

  • Felix Sunjaya Purnomo
  • Romie Oktovianus Bura Fakultas Teknologi Pertahanan dan Keamanan, Universitas Pertahanan, Indonesia

Abstract

Radar Cross Section (RCS) merupakan kemampuan dari suatu objek dalam memantulkan kembali radar sinyal kembali kepada sumber pemancarnya. Dalam pesawat tempur, angka RCS ini memajuan seberapa besar pesawat tempur tersebut dapat terdeteksi oleh radar lawan ketika pesawat tempur tersebut sedang penetrasi ke wilayah musuh, melaksanakan misi ataupun melakukan manuver tertentu. Dalam perkembangannya, pesawat-pesawat tempur yang didesain sebagai pesawat tempur low-observable ini (memiliki RCS rendah) memiliki banyak karakteristik yang bertolak belakang dengan prinsip desain secara aerodinamika. Hal ini dikarenakan pesawat-pesawat tempur low-observable memiliki persyaratan tersendiri seperti sedikitnya edge, adanya platform alignment, dan masih ada banyak hal lainnya. Oleh karena itu karakteristik aerodinamika dari pesawat tempur low-observable biasanya akan lebih buruk dibandingkan dengan pesawat konvensional. Berangkat dari hal tersebut dilakukan suatu kajian yang menggabungkan prinsip desain antara pesawat dengan karakteristik aerodinamik yang tertentu dengan tetap memperhatikan prinsip desain untuk pesawat tempur low-observable. Proses trade-off yang dilakukan dengan menggunakan multi objective genetic algorithm dapat mengoptimasi nilai karakteristik aerodinamika seperti koefisien gaya angkat, koefisien gaya hambat, lift-to-drag ratio dengan mengubah parameter swept dan thickness dari airfoil sehingga hasil akhirnya adalah suatu sayap dengan karakteristik aerodinamika yang cukup baik dan memiliki RCS yang minimal khususnya di bagian threat sector (frontal area) dari pesawat tempur. Pada proses analisa RCS, digunakan kasus radar monostatic di mana sumber radar dan penerimanya berada pada tempat yang sama. Hasil sayap dengan proses optimasi menggunakan multi objective genetic algorithm ini memberikan hasil berupa sayap dengan platform tipe delta dengan sudut swept 40 dengan koefisien gaya angkat yang mengalami perbaikan sebesar 1.12% dari nilai awal dan juga koefisien gaya hambat yang mengalami pembaikan sebesar 2.5%.

References

Knott, Eugene F., Michael T. Tuley and John F. Shaeffer, "Radar Cross Section, 2nd Edition" , SciTech Publishing, United States of America, 2004.

Coppin, Joe, "Aerodynamics, Stability and Shape Optimisation of Unmanned Combat Air Vehicle" , University of Sheffield, Sheffield, Southern Yorksire, England, 2014.

Daniel, DiCara, "Development of an Aerodynamics/RCS Framework for the Preliminary Design of a Hypersonic Aircraft" , Massachusetts Institute of Technology, Cambridge, United States, 2006.

Ufimtsev, Father of Stealth Aircraft: https://www.youtube.com/watch?v=lq-xlLcL_1k

Mason, W, B-52: http://www.dept.aoe.vt.edu/~mason/Mason_f/B52S05.pdf

Whitford, Ray., "Design for Air Combat" , England, 1987.

Aircraft RCS: http://www.globalsecurity.org/military/world/stealth-aircraft-rcs.htm

Radar Targets: http://www.alternatewars.com/BBOW/Radar/Radar_Targets.htm

B-52 Stratofortress: http://planes.axlegeeks.com/1/377/Boeing-B-52-Stratofortress

F-22 Raptor: https://theaviationist.com/wp-content/uploads/2015/06/F-22-Raptor-aar.jpg

Mason, W., "Fifteen Minutes of Stealth in Aircraft Design" , 2006.

Radar Cross Section: http://www.microwaves101.com/encyclopedia/Navy%20handbook/4.11%20Radar%20Cross-Section%20(RCS).pdf

Maxwell's Equation and Electromagnetic Waves: http://web.mit.edu/8.02t/www/materials/StudyGuide/guide13.pdf

Spurgeon, William, Robert B. Bossoli, Nicholas Hirth and Kenneth Ferreira, "RCS Predictions from a Method of Moments and a Finite Elements" , 2010.

http://ntrs.nasa.gov/archive/nasa/casi.ntrs.nasa.gov/19750003821.pdf

Hall, Chapmann, "Radar Cross Section Chapter 2" , 2000.

O'Donnel, Dr. Robert M., "Radar Systems Engineering Lecture 7 part 2" , IEEE New Hampshire, 2009.

Zikidis, Konstantinos, "Low Observable Principles, Stealth Aircraft and Anti-Stealth Technology." Journal of Computations and Modelling, vol. 4, no.1, 2014, pp. 129-165.

Chen, Shicun, "Numerical Simulation on the Radar Cross Section of Variable Sweep Wing Aircraft" , 2015.

Biradjar, Mahasidha R. & Sandip A. Kale, "Effect of Leading Edge Radius and Blending Distance from Leading Edge on the Aerodynamics Performance of Small Wind Turbine Blade Airfoil', 2015.

Downloads

Published

2018-12-21

Issue

Section

Articles