Strategi Peningkatan Pelayanan Angkutan Umum Sebagai Usaha Mengatasi Masalh Kemacetan di Daerah Perkotaan
Abstract
Angkutan umum sering dituduh menjadi penyebab kemacetan hampir di semua kota besar di Indonesia. Hal ini disebabkan perencanaan yang tidak "menyeluruh", mencakup semua aspek yang terlibat di dalamnya, seperti pola tata guna lahan, pola jaringan jalan, pola penyebaran penduduk dan pola kebutuhan pergerakan, sistem operasi dan tingkat pelayanan.
Perencanaan sistem operasi pergerakan angkutan umum yang tidak "menyeluruh" tersebut akan menambah beban permasalahan kemacetan yang telah ada, seperti trayek yang tidak optimal, waktu tempuh .yang lama dan lain-lain. Hal ini akan menyebabkan semakin rendahnya tingkat efektivitas, efisiensi serta pelayanan angkutan umum yang ada dan semakin menambah tingkat kemacetan.
Tingkat pertumbuhan kendaraan yang cukup tinggi, sementara lebar jalan nyaris tak berubah, membuat kota kesulitan dalam mengakomodir pertumbuhan tersebut. Di sisi lain, pertambahan voiume kendaraan angkutan umum yang meningkat pesat juga turut berperan menambah beban permasalahan lalu lintas. Penanganan terhadap moda angkutan umum merupakan bagian terpenting dari upaya mengatasi permasalahan lalu-lintas.
Tulisan ini akan menguraikan beberapa permasalahan utama yang ditimbulkan angkutan umum, ditinjau dari sisi "demand" dan 'supply' serta beberapa usaha perbaikan sistem transportasi angkutan umum yang perlu dilakukan dalam usaha memecahkan masalah kemacetan di perkotaan.
Downloads
References
Atkins, S. T. (1984), Value of Travel Time: The Case Against, Highways and Transportation
Banisier, D. and Hali, P. (1981), Transportation and Public Policy Planning, London
Black, J.A. (1981), Urban Transport Planning: Theory and Practice, London
Blunden, W.R. and Black, J.A. (1984). The Land Use-Transport System, Pergamon Press
Bruron, MJ. (1975), introduction to Transportation Planning, London, Hutchinson
Cresswall, R. (1979), Urban Planning and Public Transport, Construction Press
Gamer, N.J. and Hoe/, L.A. (1988), Traffic and Highway Engineering, West Publishing Company
Gray, GE, and Lester, H. (1979), Public Transportation: Planning, Operation, and Management, Prentice Hall
Hansen, WG. (1991), How Accessibility Shapes Land Use, Journal of American, institute of Planners, Volume 25, pp 73-75
Hastaii, R.P. (1991), Studi Penyusunan Rute Angkutan Umum Moda Sudako di Kotamadya Medan, Tugas Akhir Jurusan Teknik Planologi Institusi Teknologi Bandung
Hoobs, FD. (19 79), Traii'ic Planning and Engineering, Pergamon Press
ITE, (1982), Transportation and Traffic Engineering Handbook, Second Edition, Prentice Hall, New Jersey.
IHT, (1987), Reads and Traffic in Urban Areas, HMSO
Manheim, M.L. (1979), Fundamentals of Transportation Systems Analysis, Volume 1: Basic Concept, MIT Press
McShane, W.R. and Roess, R.P. (1990), Traffic Engineering, Prentice Hall Polytehnic Series in Transportation
Mitchell, RB. and Rapkin, C. (7954), Urban Traffic; & Function Land Use, New York
Monok, BK. (1988), Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi (terjemahan), Penerbit Erlangga, Jakarta
Di W.J. and Shuldhiner, F.W. (1962). An Analysis of Urban Travel Demand
Punyaraiabandhu, N. (1977), Trip Generation From Housing Estate, MSc Thesis, Asian institute of Technology
Tamin, 0.2. (1991), Sistem Transportasi Angkutan Umum Kota Bandung Perlu Dibenahi Pikiran Rakyat, Minggu, 3 November 1991
Tamin, 0.2. (1991), Diktat Kuliah Pengelolaan Transportasi, Program S"2 Rekayasa Transportasi, Jurusan Teknik Sipil lTB
Tamin, 0.2. (1992), Perbaikan Pelayanan Angkutan Umum, Pikiran Rakyat, Minggu, 20 September 1992
Tamin, 0.2. (1992), Aplikasi Model Perencanaan Transportasi 4 Tahap Untuk Negara Sedang Berkembang, Majalah Prisma (akan diterbitkan)
Tamin, 0.2. (1993), Perbaikan Pelayanan Angkutan Umum Sebagai Usaha Memperiancar Arus Lalu Lintas Jalan Raya, Seminar Nasional 'Sikap Prilaku Pemakai Jalan serta Aparat Pengaturnya terhadap Kelancaran Lalu Lintas', Universitas LangLang Buana
Warpani, S. (1990). Merencanakan Sistem Perangkutan, Penerbit ITB
Wells, G.R. (1975), Comprehensive Transport Planning, London, Charles Griffin
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Manuscript submitted to JRCP has to be an original work of the author(s), contains no element of plagiarism, and has never been published or is not being considered for publication in other journals. The author(s) retain the copyright of the content published in JRCP. There is no need for request or consultation for future re-use and re-publication of the content as long as the author and the source are cited properly.