Peranan LSM dan LK Dalam Sektor Habitat di Negara Berkembang

Authors

  • Rovert van der Hoff Institute for Housing and Urban Development Studies, Rotterdam
  • Florian Steinberg Institute for Housing and Urban Development Studies, Rotterdam

Abstract

Dalam dasarwarsa terakhir ini, banyak kota besar di negara-negara berkembang menghadapi masalah kekurangan yang serius di bidang penyediaan perumaha dan prasarana oleh pemerintah. Sebagai reaksi terhadap masalah ini, lembaga-lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan lembaga-lembaga kemasyarakatan (LK) telah muncul sebagai mitra aktif untuk mengembangkan inisiatif masyarakat setempat dalam pengadaan perumahan dan prasarananya. Beberapa tahun terakhir ini telah banyak di kenal proyek"?proyek partisipasi masyarakat dan gotong-royong yang inovatif.

Di banyak negara berkembang, masyarakat miskin bertanggung jawab atas perencanaan dan pembangunan perumahan dan lingkungan mereka sendiri. Ini tidak hanya terjadi di pedesaan, tetapi juga di kota-kota besar yang sedang tumbuh dengan pesat.

Dalam hal ini peran LSM adalah sebagai pendorong usaha swadaya masyarakat dalam pengadaan perumahan dan prasarana. LSM juga dapat berperan mendukung kegiatan masingnmasing rumah tangga atau kegiatan masing-masing rumah tangga atau kegiatan lembaga-lembaga kemasyarakatan (LK), dan dapat berperan sebagai pemrakarsa, pendukung atau fasilitator, atau sebagai pengelola proyek atau program.

Peran mereka sebagai penengah sering menghasilkan koalisi antara badan-badan pemerintah, kelompok masyarakat dan sektor swasta/usaha. Tetapi tidak semua pemerintah mengakui hak-hak warganegaranya untuk mempersatukan diri dalam lembaga-lembaga kemasyarakatan agar dapat mengatur sendiri atau dengan bantuan LSM-- hal-hal penting seperti pengkaplingan lahan bangunan, pengadaan prasarana tepat guna dan pembangunan perumahan mereka sendiri, sehingga tidak hanya menunggu uluran tangan pemerintah saja.

References

Drabek, AG., Development Alternatives: The Challenge for NGOs an Overview of the issues, dalam "World Development" Nomo5 15, special supplement XI"XV, Oxford, 1987

", Limuru Declaration - April 1987, dalam "Turner, 1988, halaman 187-190"

Turner, B. (ed), Building Community, A Third World Case Book, London, 1988

White, B., lnternational Experiences with NGOs Active in Developing Countries, Embassy of The Netherlands, Jakarta,

Downloads

Issue

Section

Research Articles