Kebijaksanaan KPP

Authors

  • B S Kusbiantoro Institut Teknologi Bandung

Abstract

Persoalan transportasi paling pelik yang terjadi di kota-kota besar, seperrt Jakarta dan Bandung, adalah kemacetan lalu lintas pada ruas-ruas jalan menuju/ sekitar kawasan pusat-pusat kegiatan perkotaan. Kemacetan lalu lintas bahkan tampak semakin menyebar, sejalan dengan pertumbuhan kota yang hampir tak terkendali, ditandai dengan penetrasi kegiatan komersial pada kawasan non komersial (permukiman).

Salah satu upaya dalam pemecahan masalah kemacetan lalu lintas yang kini telah diujicobakan di Jakarta, adalah pemberlakuan pembatasan penumpang untuk ruas jalan tertentu, yakni aJalan MH. Thamrin-Sudirman_Gatot Subroto. Upaya tersebut ternyata masih perlu dioptimalkan melalui beberapa perbaikan, seperti terurai pada bahasan berikut ini.

Author Biography

B S Kusbiantoro, Institut Teknologi Bandung

Wakil Pemimpin Redaksi Jurnal 'Perencanaan Wilayah dan Kota', Staf Pengajar Pada Jurusan Teknik Planologi FTSP-ITB dan Direktur Lembaga Penelitian Perencanaan Wilayah dan Kota (LPP-ITB)

References

BS Kusbiantoro, "VAn Pool System in Bandung", paper prepared for the 5th World Conference on Transport Research, Yokohama, 1989.

L.F. Eli, "Peragaman Waktu Kerja di PT. IPTN sebagai salah satu alternatif untuk menyebarkan puncak lalu lintas di Jalan Pajajaran", tugas akhir, Jurusan Teknik Planologi ITB, 1991.

Istiarsi, Saputri Sri Kawuryan, "metode Perhitungan Biaya Kemacetan Lalu Lintas: studi kasus pusat perbelanjaan Plaza Bandung Indah", tesis Program Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Pasca Sarjana, ITB 1991.

Downloads

Issue

Section

Research Articles