PENGARUH PENAMBAHAN BIOETANOL TERHADAP KONSENTRASI EMISI GAS HC, CO, DAN CO2 PADA MOTOR 2 LANGKAH

https://doi.org/10.5614/jtl.2010.16.2.7

Authors

  • Ruri Octaviani Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung Jl. Ganesha 10 Bandung 40132, Indonesia
  • moh Irsyad Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung Jl. Ganesha 10 Bandung 40132, Indonesia
  • Iman Kartolaksono Reksowardojo Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung Jl. Ganesha 10 Bandung 40132, Indonesia

Abstract

Abstrak : Bioetanol adalah bahan bakar alternatif yang sedang dikembangkan di dunia. Bioetanol memiliki beberapa keuntungan dalam penggunaannya sebagai bahan bakar selain karena sifatnya yang terbarukan bioetanol juga dipercaya dapat menurunkan beberapa emisi kendaraan  bermotor. Bioetanol memiliki kelebihan dibandingkan dengan bensin yaitu bilangan oktan yang lebih tinggi. Maksud dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan campuran bioetanol pada emisi gas pada motor 2 langkah  dengan variasi putaran mesin dan gigi. Metode pengujian ini dilakukan pada saat keadaan terbebani dan tidak terbebani (idle) dengan parameter pengukuran HC, CO, dan CO2. Pengujian terhadap kendaraan motor dilakukan sebanyak 3 variasi yaitu : uji emisi bahan bakar bensin murni (BE0), uji emisi bahan bakar bioetanol 5% (BE5), dan uji emisi bahan bakar bioetanol 10% (BE10). Dari hasil pengujian diketahui bahwa bioetanol tidak dapat menurunkan emisi gas buang secara keseluruhan. Penambahan bahan bakar bioetanol juga dapat meningkatkan nilai bilangan oktan (RON) dan berat jenis pada campuran bahan bakar. Penambahan bioetanol meningkatkan emisi HC sebanyak 30,65% untuk BE5 dan 188,71% untuk BE10 pada variasi rpm, dan untuk variasi gear 35,54% untuk BE5 dan 221,79% untuk BE10. Sedangkan emisi CO untuk variasi rpm menurun sebanyak 3,7% untuk BE5 dan 14,82% untuk BE10, sedangkan pada variasi gear menurun 18,75% untuk BE5 dan 43,75% untuk BE10. Sementara itu CO2 cenderung menurun pada variasi rpm sebanyak 9% untuk BE5 dan 18% untuk BE10 sedangkan untuk variasi gear terjadi penurunan konsentrasi sebanyak 10% untuk BE5 dan 20,12% untuk BE10.

Kata kunci : bioetanol, emisi gas buang, motor 2 langkah.

 

Abstract: Bioethanol is one of the alternative fuels that are being developed in the world. Bioethanol have several advantages in its use because of its renewable and it is also believed to reduce the number of motor vehicle emissions. Bioethanol has advantages compared to the higher octane number of gasoline. Purpose and objective of this study was to determine the effect on the use of bioetanol to the gas emissions concentrations on 2-stroke motorcycle in the variation of rpm and gear. This test method was made during loaded and idle condition with the parameter measurement of HC, CO, and CO2Tests of motor vehicles conducted three variations, namely: test the pure gasoline fuel emissions (BE0), test of bioethanol fuel emissions 5% (BE5), and test of bioethanol fuel emissions 10% (BE10). BE0 test results will be compared with BE5 and BE10. From the test results, we can conclude that bioetanol can't reduce emissions overall. Addition of bioetanol fuel can also increase the value of octane number (RON) and the weight of the fuel mixture. HC concentrations of bioetanol increases emissions as 30,65%  for BE5 to 188,71%  for BE10 in the variation parameters of  rpm, while for the gears to 35,54%  for BE5 and to 221,79% for BE10 on variation of gear parameters. While the CO emission's concentrations decreased by 3,7% for BE5 to 14,82  for BE10 on variation of  rpm parameters, in addition it also decreased by 18,745%  for BE5 and 43,75%  for  BE10 on variation of gear parameters. Meanwhile, CO2 concentration tends to decrease with the decrease emissions as much as 9% to 18% for BE5 and BE10 on variation of rpm parameters while for the variation of gear parameters the concentrations decrease of 10% to BE5 and 20.12% for BE10.

 
Key words : bioetanol, gas emission, 2-stroke motorcycle.



References

Brown, Gareth. 2008. Review of Fuel Ethanol Impacts on Local Air Quality. London : BEST Deliverable.

Budianto, Yonan Wahyu, Reksowardojo, Iman Kartolaksono, Dr., Ir., M.Eng., dan Arismunandar, Wiranto, Prof. 2007. Perbandingan Bahan Bakar Bensin, Gasohol, beserta Ethanol Kering pada Motor Sepeda Motor HONDA NF 125D. Tugas Akhir Teknik Mesin ITB, Institut Teknologi Bandung.

Ceviz, M.A, dan F. Yuksel. 2003. Effects of Ethanol-Unleaded Gasoline Blends on Cyclic Variability and Emissions in An SI Engine. Erzurum : University of Ataturk. Volume 25, Nomor 7, Halaman 917-925.

Jia, Li-Wei, Shen, Mei-Qing, Wang, Jun, dan Lin, Man-Qun. 2004. Influence of Ethanol-Gasoline Blended Fuel on Emission Characteristics from A Four-Stroke Motorcycle Engine. Tianjin : Tianjin University. Volume 123, Nomor 1-3, Halaman 29-34.

Magnusson, Roger, dan Nillson, Calle. 2002. Emissions of Aldehydes and Ketones from A Two-Stroke Engine Using Ethanol and Ethanol-Blended Gasoline as Fuel. Sweden : Swedish University. Volume 36, Nomor 8, Halaman 1656-1664.

P. Comte, J. Czerwinski, F. Reutimann, dan Makke, Michael. 2009. Emissions of 2-Stroke Scooters with Ethanol Blends. Delft : Technical University Delft. SAE Technology Paper 2009-24-0143.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama. 2006. Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Quan-He, Bang, Wang, Jian-Xin, Hao, Ji-Ming, Yan, Xiao-Guang, dan Xiao, Jian-Hua. 2002. A study on Emissions Characteristics of An EFI Engine with Bioetanol Blended Gasoline Fuels. Beijing : Tsinghua University. Volume 37, Nomor 7, Halaman 949-957.

Simanjuntak, Nicholas dan Lestari, Puji, Dr., Ir., Ph.D. 2008. Pengaruh Penggunaan Campuran Bahan Bakar Bioetanol-Bensin terhadap Emisi Gas Buang Kendaraan Mesin Bensin (Otto), Tugas Akhir Teknik Lingkungan ITB, Institut Teknologi Bandung.

Yao, Yung-Chen, Tsai, Jiung-Horng, dan Chiang, Hung-Lung. 2009. Effects of Ethanol-Blended Gasoline on Air Pollutant Emissions from Motorcycle. Taiwan : Chengkung University Tainan. Volume 407, Nomor 19, Halaman 5257-5262.

Yoon, S H, Ha, S Y, Roh, H G, dan Lee, C S. Effect of Bioetanols as An Alternative 2008. Fuel on The Emissions Reduction Characteristics and Combustion Stability in A Spark Ignition Engine. Seoul : Hangyang University. Volume 223, Nomor 7, Halaman 941-951.

Published

2010-10-02

How to Cite

Octaviani, R., Irsyad, moh, & Reksowardojo, I. K. (2010). PENGARUH PENAMBAHAN BIOETANOL TERHADAP KONSENTRASI EMISI GAS HC, CO, DAN CO2 PADA MOTOR 2 LANGKAH. Jurnal Teknik Lingkungan, 16(2), 173-184. https://doi.org/10.5614/jtl.2010.16.2.7

Issue

Section

Articles