Perancangan Anticlimber sebagai Perangkat Crashworthiness untuk Kereta Penumpang Indonesia

https://doi.org/10.5614/MESIN.2023.29.1.5

Penulis

  • Rachman Setiawan Institut Teknologi Bandung
  • Faza Ahmad Institut Teknologi Bandung
  • Dodi Dodi PT. INKA (Persero)
  • I Wayan Suweca Institut Teknologi Bandung

Abstrak

Anticlimber merupakan komponen aspek crashworthiness, yang berfungsi khusus mengurangi kemungkinan terjadinya fenomena overriding (tumpang tindih) saat terjadi tumburan kereta api yang dapat menyebabkan dampak jatuhnya korban jiwa yang signifikan. Sebagai rangkaian riset dan pengembangan untuk menerapkan teknologi crashworthiness pada kereta penumpang nasional, dikembangkan rancangan anticlimber yang sesuai dengan kereta penumpang produk industri nasional saat ini. Rancangan menggunakan konsep rusuk (ribs) terpisah yang dipasang pada kedua ujung kereta tepat di kanan dan kiri coupler. Anticlimber dirancang sehingga dapat diintegrasikan pada rancangan kereta penumpang yang ada, dan dapat diproduksi di dalam negeri di samping tentunya efektif menahan gerakan vertikal (climbing) antar kereta. Analisis keefektifan rancangan anticlimber ini diuji dengan simulasi beban statik maupun beban dinamik berdasarkan kriteria standar internasional, yaitu BS EN 15227 yang dinilai paling lengkap mengatur aspek crashworthiness di perkeretaapian. Dari analisis kekuatan statik yang telah dilakukan, terbukti bahwa rancangan mampu menahan beban gaya longitudinal 60 tonf (177,6 kN) dan gaya angkat vertikal 12 tonf (588 kN) saat terjadi tumburan. Berdasarkan hasil simulasi dinamik pada kecepatan tumburan 10 m/s (36 km/jam), sesuai kriteria BS EN, dan kecepatan tinggi 20 m/s (72 km/jam), keberadaan anticlimber terbukti memenuhi standar dan mampu menurunkan kemungkinan terjadinya tumpang tindih, dibandingkan jika tanpa antilimber secara signifikan. Dengan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa rancangan memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan ke purwarupa dan pengujian lapangan, yang menjadi tahap berikutnya dari penelitian ini.

Referensi

Sawitri, A., BPS: Jumlah Penumpang Kereta Api Melonjak, Tempo, https://bisnis.tempo.co/read/news/2017/05/02/090871455/bps-jumlahpenumpang-kereta-api-melonjak, (7 September 2017).

Suprapto, Data Investigasi Kecelakaan Perkeretaapian Tahun 2010 – 2016, Komite Nasional Keselamatan Transportasi, 2016

Germany Train Crash: Several killed near Bavarian town of Bad Aibling, BBC, http://www.bbc.com/news/world-europe-35530538, (7 September 2017).

BBC News, Poland suffers deadly train crash near Szczekociny, https://www.bbc.com/news/world-europe-17248735 (25 April 2019).

Wikipedia, List of rail accidents (2010–2019), https://en.wikipedia.org/ wiki/List_of_rail_accidents_(2010%E2%80%932019) (25 April 2019).

Mayville, R. A., et al, Crashworthiness Design Modifications for Locomotive and Cab Car Anticlimbing Systems, Federal Railroad Administration, Washington, DC, 2003

Starlinger, A., Gmür, A., Castelli, B. & Liebhard, O., On the Application of ABAQUS in The Validation Process of Crashworthiness of Railway Vehicles, Proc. 2007 ABAQUS Users’ Conference, 2007

Dharma, G. S. S., Suweca, I. W. & Setiawan, R., Perancangan Dasar Sistem Keselamatan Pasif Kereta Penumpang Kelas 1 (Kereta K1), dalam Prosiding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Ke-15, pp. 889-896, 2016.

Setiawan, R. & Pamintori, M., Analisis Crashworthiness Struktur Kereta Penumpang, Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Ke-16, pp. 191-195, 2017.

U.S. Departement of Transportation, Federal Railroad Administration, 49 CFR § 238.201 Scope/alternative compliance, Federal Register, 2006.

U.S. Departement of Transportation, Federal Railroad Administration, 49CFR § 238.403 Crash energy management, Federal Register, 2006.

BS EN 15227:2008 Railway Applications - Crashworthiness Requirements for Railway Vehicle Bodies, European Committee for Standardization, 2008.

AS 7520.3:2012 Australian Railway Rolling Stock – Body Structural Requirements – Passenger Rolling Stock, Rail Industry Safety and Standards Board, 2012.

Setiawan, S., et al, Tinjauan Kritis Aspek Keselamatan dalam Regulasi Nasional dan Usulan Penyempurnaannya, Prosiding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Ke-15, pp. 1196-1204, 2016.

Mayville et al., Approaches to Preventing Override and Lateral Buckling in Passenger Trains; Appendix B, Volpe National Transportation Systems Center, Cambridge, MA, 1999

Swiss Train in Zurich – Switzerland 30 November 2015, Shutterstock, https://www.shutterstock.com/image-photo/swiss-train-zurichswitzerland-30-november-577335493?drawer=open (25 April 2019)

Halldin, M. A C20 Train at the Gamla Stan Metro Station – Stockholm, Wikimedia,https://commons.wikimedia.org/wiki/File: Gamla_stan_C20_070330.JPG (25 April 2019)

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Setiawan, R., Ahmad, F., Dodi, D., & Suweca, I. W. (2023). Perancangan Anticlimber sebagai Perangkat Crashworthiness untuk Kereta Penumpang Indonesia. Mesin, 29(1), 64-79. https://doi.org/10.5614/MESIN.2023.29.1.5

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2