PENGEMBANGAN SISTEM AILERON PESAWAT TERBANG BERBASIS ELEKTROMEKANIK

Authors

  • bangkit susilo ITB
  • Edy Suwondo Kelompok Keilmuan Desain, Operasi dan Perawatan Pesawat Terbang, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung
  • Taufiq Mulyanto Kelompok Keilmuan Desain, Operasi dan Perawatan Pesawat Terbang, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.5614/MESIN.2024.30.1.2

Abstract

More Electric Aircraft (MEA) dan Zero Emission Aircraft (ZEA) adalah masa depan pengembangan pesawat terbang, hingga saat ini MEA dan ZEA belum mendapat sertifikasi tipe dari regulator kelaikan udara. Berdasarkan kondisi tersebut, pada penelitian ini akan dilakukan studi terkait penggunaan sistem elektromekanik pada kendali aileron pesawat terbang. Penelitian ini dimulai dengan memilih pesawat yang memenuhi regulasi Civil Aviation Safety Regulation (CASR) 23, yang kemudian sistem kendali aileron pesawat yang ada diganti dengan sistem berbasis elektromekanikal. Proses ini mencakup analisis kehandalan sistem menggunakan Fault Tree Analysis FTA. Kemudian analisis daya dan berat dilakukan untuk memastikan sistem yang baru dapat diterapkan. Pada akhir studi ini, didapatkan hasil analisis kegagalan sistem menunjukkan bahwa arsitektur yang diusulkan memiliki tingkat kegagalan sekitar 9.324 10?8pada kondisi loss of aileron control dan 1.0910?10pada kondisi aileron hard over danhasil tersebut sudah memenuhi persyaratan regulasi. Analisis dayamenunjukkan bahwa daya yang diperlukan hanya 1667,8 Watt, sehingga daya yang tersedia pada pesawat masih mencukupi. Namun, analisis berat menunjukkan bahwa sistem elektromekanikal yang baru lebih berat sekitar 35,7% dibandingkan sistem mekanikal yang digunakan sebelumnya.

References

Sarlioglu, B. & Morris, C., More Electric Aircraft: Review, Challenges,and Opportunities for Commercial Transport Aircraft, IEEE Transactions on Transportation Electrification, 1(1), pp. 54-64, 2015.

Giangrande, P., Galassini, A., Papadopoulos, S., Al-Timimy, A., Calzo, G.L., Degano, M., Galea, M., & Gerada, C., Considerations on the Development of an Electric Drive for a Secondary Flight Control Electromechanical Actuator, IEEE Transactions on Industry Aplications, 55(4), pp. 3544-3554, 2019.

Moir, I., & Seabridge, A.G, Aircraft Systems:Mechanical, Electrical, and Avionics Subsystems Integration, Wiley, 2008.

Nonelectronic Parts Reliability Data, Reliability Analysis Center, 1996

Chakraborty, I., Mavris, D. N., Emeneth, M., & Schneegans, A, A Methodology for Vehicle and Mission Level Comparison of More Electric Aircraft Subsystem Solutions: Application to the Flight Control Actuation System, Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part G: Journal of Aerospace Engineering, 229(6), pp. 1088?1102. https://doi.org/10.1177/0954410014544303, 2015

Published

2024-08-14

How to Cite

Susilo, B. T., Suwondo, E., & Mulyanto, T. (2024). PENGEMBANGAN SISTEM AILERON PESAWAT TERBANG BERBASIS ELEKTROMEKANIK. Mesin, 30(1), 29-38. https://doi.org/10.5614/MESIN.2024.30.1.2

Issue

Section

Articles