OPTIMISASI PRESTASI SISTEM ROKET BERTINGKAT
Abstract
Tulisan ini menyajikan teknik optimisasi Sistem Roket Bertingkat (SRB) dalam hal memaksimalkan kecepatan total berdasarkan teknik penerapan metoda perkalian Lagrange. Teknik ini dapat diterapkan pada motor-motor roket yang sedang dikembangkan LAPAN. Sebagai contoh penerapan praktisnya, konfigurasi SRB optimal yang terdiri dari motor-motor roket seri RX-300-LPN dan RX-150-LPN dirancang berdasarkan teknik tersebut. Prestasi terbang dari wahana ini disimulasikan dengan menggunakan paket software computer PATROPB (Peramalan Awal Trayektori Roket Padat Bertingkat). Sebagai perbandingan, SRB non-optimal juga diikutkan dalam simulasi. Disini dapat ditunjukan bahwa penerapan teknik optimisasi menghasilkan SRB yang lebih efisien. Untuk berat beban-guna yang sama, SRB-optimal membutuhkan propelan lebih sedikit dan menghasilkan ketinggian-maksimal lebih besar.
References
Cornelisse, JW., Schoryer, H.F.R., and Wakker, K.F. "Rocket Propulsion and Space,ight Dynamic" , Pitman Publisher, London, 1979.
Vertregt, M., "Calculation of Step-Rockets" , Journal of British Interplanetanz Society, 14, hal 20-25, 1955.
Vertregt, M., "A Method for Calculating the mass Ratio's of Step-Rockets" , Journal of British Interplanetary'Society, 15, hal. 95-97, 1956.
Salatun, A.S., " Paket Software Komputer Peramalan Awal Trayektori Roket Padat Bertingkat (PATROPB)" , catatan teknik Proyek Sainsat Pustekgan-LAPAN no. USPIS-TR-84-01, 1983.
Hosny, A.N., "Propulsion Systems '," University of South Carolina Press, 1974.
Sugiarmadji HPS dan Kuswadi, " Roket-roket Kappa-8 dan Rt-150" , Loka Karya Peroketan LAPAN, 29 Maret - 1 April 1976.
Kiimidjo H., " Analisa Uji Statik Motor Roket RX-300" , Majalah LAPAN, ISSN 0126-0480, no. 35 tahun ke IX, Jan. 1985, hal.2-10.