Pengujian Model Mobil Pick Up Komersial di Terowongan Angin
DOI:
https://doi.org/10.5614/MESIN.2017.26.1.5Abstract
Pada penelitian ini diukur gaya hambat model mobil pick up Dodge RAM 150 dan dilakukan teknik visualisasi aliran untuk mengetahui detail pola aliran pada model tersebut. Dalam penelitian ini, gaya hambat yang diukur adalah gaya hambat total. Gaya hambat aerodinamika merupakan salah satu penyebab tingginya konsumsi bahan bakar untuk kendaraan darat. Studi dilakukan secara eksperimental dengan melakukan pengujian di terowongan angin berkecepatan rendah yang memiliki seksi uji berukuran 30 cm x 30 cm yang dilengkapi timbangan luar. Metoda pengurangan gaya hambat aerodinamika yang digunakan adalah penambahan perangkat pada model, yaitu berupa spoiler, kanopi dan spoiler + kanopi. Desain konfigurasi tambahan ini didapat dari pengamatan terhadap hasil visualisasi aliran dengan menggunakan bedak dan lempung China (China Clay). Pengujian dilakukan pada kecepatan 36 km/jam, 54 km/jam, 72 km/jam, 79.2 km/jam, dan 90 km/jam. Pengurangan gaya hambat karena pemasangan spoiler, kanopi, dan spoiler + kanopi bervariasi terhadap kecepatan. Pada kecepatan 90 km/jam efek pemasangan spoiler, kanopi, dan spoiler + kanopi menjadi tidak dominan.
References
Munson, B. R et.al, Fundamentals of Fluid Mechanics, John Wiley & Sons, 2002.
Fillippone, A., www.aerodyn.org/drag/tables-cd-level-2, 2004.
Fillippone, A., History of Wind Tunnels: www.aerodyn.org/windTunnel/wind_tunnel, 2004.
Perry, A. E., dan Chong, M. S., Flow Visualization : Techniques and Examples: Interpretation of Flow Visualization, Imperial College Press, London, 2000.
Tobak, M. and Peake, D. J., Topology of ThreeDimensional Separated Flows, Ann. Rev. Fluid. Mech., vol. 14, 1982, pp. 61"85.
White, F., Viscous Fluid Flow, 2nd edition, McGraw-Hill, 1991.
Fillippone, A., www.aerodyn.org, 2004.
HHEV Team, Department of Mechanical Engineering, San Diego State University, USA. URL: www.engineering.sdsu.edu, 2011.
Barnard, R. H., Road Vehicle Aerodynamics, Longman, 1996.