Design dan Analisis Statik Rangka Chassis Square Bar dengan FEM
DOI:
https://doi.org/10.5614/MESIN.2017.26.2.5Abstract
Telah dilakukan rancang bangun bending dies untuk pembuatan chassis kendaraan angkutan pedesaan. Chassis yang dihasilkan dengan metoda bending kinerjanya dibandingkan dengan chassis yang dibuat dengan metoda welding. Uji statis dilakukan dengan beban 2.5 kN dengan deformasi maksimum 1,37 mm. Untuk uji statis, chassis bending memiliki karateristik deformasi mendekati linier sebanding dengan beban gaya, sedangkan chassis welding karakterisitik deformasinya mengalami titik kritis pada beban 3.3 kN. Pada uji puntir, chassis bending dan welding memiliki karakteristik deformasi linier, namun kinerja dari chassis bending lebih baik dibanding dengan chassis welding. Dari hasil analisa komputasi menunjukkan bahwa desain chassis bending aman terhadap beban yang diberikan.
References
Taufik, A.Z., Rashid, N., Mazlan, Faruq, M., Zahir, M., Electric car chassis design and analysis by using CATIA V5R19. IOSR Journal of mechanical and civil engineering. 2014.
Kumar, A.H., & Deepanjali, V., Design and analysis of automobile chassis, International journal of engineering science and innovative Technology, ISSN : 2319-5967, Volume 5, Issue 1. 2016.
Monika S.Agarwal, et al, Finite Element Analysis of Truck Chassis, International Journal of Engineering Sciences & Research, ISSN: 2277- 9655. 2013.
Vishal Francis, et al, Structural Analysis of Ladder Chassis Frame for Jeep Using Ansys, International Journal of Modern Engineering Research, ISSN: 2249-6645, Volume 4, Issue 4. 2014.
Mallikarjuna, V., Rao, J.M., & Kishore, G., Design and Finite Element Analysis of Crankshaft by Using Catia and ANsys, ISSN : 2348-8360, Volume 4, Issue 3. 2017.