EVALUASI KOREKSI TEMPERATUR dan BEBAN (Pd T-05-2005-B)

Aloysius Tjan

Abstract


Akurasi evaluasi struktur perkerasan lentur menjadi penting karena keputusan strategi pemeliharaan perkerasan merupakan bagian integral sistem manajemen perkerasan berdasarkan evalusi tersebut. Lendutan FWD merupakan salah satu cara yang ditawarkan oleh Pd T-05-2005-B (2005). Lendutan dipengaruhi temperatur perkerasan dan beban yang bekerja pada saat pengujian. Pedoman menggunakan temperatur 35oC dan beban 4.08 ton sebagai temperatur dan beban standar.

Dari hasil analisis, koreksi lendutan akibat beban tidak standar dapat digunakan dan menghasilkan lendutan yang akurat. Akan tetapi, koreksi lendutan akibat pengukuran pada temperatur tidak standar akan menghasilkan kesalahan lendutan, sehingga juga pada prediksi umur sisa. Kesalahan prediksi umur sisa akan semakin besar jika pengujian lendutan dilakukan semakin jauh dari temperatur standar. Koreksi temperatur ini disarankan tidak digunakan.


Keywords


lendutan FWD, umur sisa, temperatur standar, beban standar, faktor koreksi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahlborn, G. (1972). ELSYM5, Computer Program for Determining Stresses and Deformations in Five Layer Elastic Systems. Berkeley, CA: University of California.

Asphalt Institute. (1982). Research and Development of the Asphalt Institute's Thickness Design Manual (MS-1), 9th edition, Research Report 82-2. College Park, MD: Asphalt Institute.

Audina, P. (2018). Evaluasi Faktor Koreksi Lendutan. Skripsi. Bandung: Universitas Katolik Parahyangan - Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil.

Heukelom, W., & Klomp, A. (1962). Dynamic Testing as a Means of Controlling Pavements During. Ann Arbor, MI: Proceedings of International Conference. on the Structural Design of Asphalt Pavements.

NCHRP. (2004). Guide for Mechanistic-Empirical Design of New and Rehabilitaed Pavement Structures, Part 2 Design Inputs, Chapter 2 Material Characterization. Washington, DC: TRB.

Pd T-05-2005-B. (2005). Pedoman Perencanaan Tebal Lapis Tambah Perkerasan Lentur dengan Metode Lendutan. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah.

Shell. (1978). Shell Pavement Design Manual - asphalt pavements and overlays for road traffic. London: Shell International Petroleum Company.

Yoder, E. J., & Witczak, M. W. (1975). Principles of Pavement Design, 2nd Ed. New York, NY: John Wiley & Sons, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.5614%2Fjts.2019.26.2.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


web
analytics

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License