About the Journal

Focus and Scope

Journal Geoaplika (JGeoApp) menerima artikel yang berkaitan dengan aplikasi bidang geosains (ilmu kebumian) untuk masyarakat, yang terdiri dari artikel bidang geologi, meteorologi, kelautan, dan geodesi pada berbagai tahapan riset.

 

Berdasarkan aplikasi riset

 

Karena bergerak di bidang aplikasi geosains, maka kami mendorong berbagai artikel dengan sub bidang berikut ini untuk dikirimkan kepada kami:

 

  • pendekatan teknologi untuk geosains, misal: aplikasi sumber terbuka (open source), disain alat data logger,

  • pendekatan humaniora dalam geosains, misal: persepsi masyarakat tentang air bersih, persepsi masyarakat tentang bencana kebumian, kebijakan tanggap bencana, dan aplikasi humaniora lainnya kepada ilmu geosains,

  • disain rekayasa dalam geosains: berupa gambar disain enjiniring (DED) suatu bangunan yang berkaitan dengan fitur-fitur geosains, disain arsitektur lansekap yang berkaitan elemen alam,

  • naskah akademik regulasi terkait geosains,

  • geowisata,

  • dll (akan ditambahkan)

 

 

Peer Review Process

Proses

Jurnal ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki jurnal lainnya, yakni:

  • jurnal ini bersifat dampak netral (impact neutral): kami memiliki persepsi yang berbeda tentang dampak (impact). Dampak nyata akan dirasakan oleh pembaca, karena itu ukurannya akan bersifat kualitatif. Penulis perlu melakukan survey tracer study untuk mengukurnya. Jumlah sitasi artikel bukan merupakan indikator langsung dampak keilmuan. Oleh karenanya, kami tidak akan menggunakan jumlah sitasi dari artikel yang kami terbitkan untuk mengukur dampak. Penerbitan JGeoApp akan lebih mengutamakan keunikan isi dan pesan yang disampaikannya.

  • jurnal ini juga mengimplementasikan telaah pasca publikasi (post publication review). Seluruh artikel akan menjalani pemeriksaan awal sebelum akhirnya dapat langsung tayang di laman jurnal. Tahap selanjutnya adalah tahap telaah sejawat, yang akan diberikan oleh penelaah yang kami tugaskan dan penelaah publik.

  • telaah yang kami lakukan adalah telaah terbuka (open review), penulis dan penelaah akan saling mengetahui identitas masing-masing. Kami berharap cara ini dapat meningkatkan transparansi dan kualitas hasil telaah. Di JGeoApp, kami mengutamakan proses telaah sejawat sebagai proses komunikasi, bukan pengadilan.

Publication Frequency

Jurnal ini dibangun atas dasar peraturan baku berkala tercetak (printed periodicals), namun demikian, JG berkomitmen untuk memaksimumkan fitur-fitur jurnal digital daring dengan mempercepat proses publikasi tanpa menunggu jadwal penerbitan jurnal.

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan media akses terbuka ke publik untuk seluruh artikel dan komponen pendukungnya. Misi kami hanya satu adalah menyebarkan ilmu pengetahuan untuk kemanusiaan dengan menghilangkan dinding yang membatasi antara penulis dan pembaca.

Tentang kami

Journal Geoaplika adalah jurnal ilmiah berjenis "impact neutral" yang dikelola oleh KK Geologi Terapan, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung. "Neutral impact" atau dampak netral di sini didefinisikan bahwa kami menerbit seluruh artikel riset pada berbagai tahapan tanpa melakukan penilaian terhadap proyeksi dampaknya kepada ilmu pengetahuan.

Menurut kami, keutamaan dari ilmu pengetahuan adalah saat disebarkan. Sementara berbagai riset di Indonesia ini banyak yang mengungkap potensi lokal, sehingga dampaknyapun (terkesan) bersifat lokal pula. Dengan alasan ini, banyak jurnal menolaknya. Banyak diantaranya dikirimkan ke jurnal LN (luar negeri) dan ditolak pada kesempatan pertama.

Riset tidak harus berdampak secara nasional, karena setiap riset akan memiliki keunikan yang diawali dengan keunikan daerah atau obyek riset yang ditelaah.

Walaupun bersifat "impact neutral", tapi kami sepakat bahwa makalah perlu menarik dan menonjolkan sisi kemanfaatannya. Jurnal ini akan menampilkan artikel-artikel yang memperlihatkan penerapan ilmu geosains dan interaksinya dengan bidang ilmu lainnya untuk mengatasi berbagai masalah di masyarakat.

Kami mendefinisikan jurnal ini sebagai "jurnal sains terbuka" karena kami tidak memiliki misi lain, kecuali untuk menjadi media: publikasi, berlatih dan komunikasi para peneliti.

Sponsors

Lembaga-lembaga ini telah menyediakan fasilitas dan layanan yang sangat dibutuhkan untuk operasional Journal Geoaplika.

Journal History

Journal Geoaplika (JGeoApp) berdiri tahun 2007 dan mati suri setelah beroperasi dua tahun. Kini kami kembali dengan platform OJS-ITB dan nilai-nilai baru, sains terbuka. Simak undangan kami.