Kajian Peningkatan Akurasi Matriks Asal-Tujuan yang Dihasilkan dari Data Arus Lalulintas pada Kondisi Keseimbangan

Authors

  • Ofyar Z. Tamin KK Rekayasa Transportasi, Institut Teknologi Bandung
  • Rusmadi Suyuti Staf Peneliti Direktorat Teknologi Transportasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

Abstract

Informasi kondisi arus lalulintas sangat berguna pagi pengguna jalan karena pengguna jalan tersebut dapat memilih dan menentukan rute perjalanan terbaik yang akan dilaluinya sebelum melakukan perjalanan. Penelitian ini bertujuan akhir untuk mengembangkan sistem informasi arus lalulintas bagi pengguna jalan untuk wilayah Kota Bandung, yang dikembangkan menggunakan data arus lalulintas secara waktu nyata. Masukan utama yang diperlukan untuk mengembangkan sistem informasi tersebut adalah Matriks Asal-Tujuan (MAT) yang dikembangkan berdasarkan informasi arus lalulintas. Pada penelitian tahap ini telah ditinjau beberapa faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan akurasi MAT yang dihasilkan dari data arus lalulintas, dimana model Gravity (GR) digunakan sebagai model sebaran pergerakan. Jenis metode estimasi yang akan ditinjau pengaruhnya adalah: Kuadrat-Terkecil (KT), Kemiripan-Maksimum (KM), Inferensi-Bayes (IB), dan Entropi-Maksimum (EM). Sedangkan model pemilihan rute yang akan ditinjau pengaruhnya adalah model all-or-nothing dan keseimbangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat tingkat keakurasian yang cukup tinggi dalam proses estimasi MAT. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan nilai optimum dari fungsi tujuan serta hasil pengujian statistik.

References

Tamin, O.Z. & Willumsen, L.G., Transport Demand Model Estimation From Traffic Counts, Journal of Transportation, UK, 1988.

Tamin, O.Z., et al., Dynamic Origin-Destination (OD) Matrices Estimation From Real Time Traffic Count Information, Laporan Akhir, Graduate Team Research Grant, Batch IV, University Research for Graduate Education (URGE) project, 2001.

Tamin, O.Z., The Estimation of Transport Demand Models From Traffic Counts, PhD Dissertation of the University of London, University College London, 1988.

Tamin, O.Z., Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi 2, Penerbit ITB, Bandung, 2000.

Hyman, G.M., The Calibration of Trip Distribution Models, Environment and Planning, 1, 105-112, 1969.

Suyuti, R., Estimasi Model Kebutuhan Transportasi Berdasarkan Informasi Data Arus Lalulintas Pada Kondisi Pemilihan Rute Keseimbangan, Disertasi Doktor Institut Teknologi Bandung (ITB), 2006.

Tamin, O.Z., Sjafruddin, A. & Hidayat, H., Dynamic Origin-Destination (O-D) Matrices Estimation from Real Traffic Count Information, 3rd EASTS Conference Proceeding, Taipei 15-17 September, 1999.

Tamin, O.Z., et al., Dynamic Origin-Destination (OD) Matrices Estimation From Real Time Traffic Count Information, Laporan Tahap I, Graduate Team Research Grant, Batch IV, University Research for Graduate Education (URGE) project, 2000.

Tamin, O.Z., Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Soal dan Aplikasi, Penerbit ITB, Bandung, 2003.

Tamin, O.Z., Pengembangan Sistem Informasi Arus Lalulintas Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Transportasi di Kota Bandung, Laporan Akhir Program Riset ITB, 2005.

Willumsen, L.G., An Entropy Maximising Model for Estimating Trip Matrices From Traffic Counts, PhD Thesis, Department of Civil Engineering, University of Leeds, 1981.

Downloads

How to Cite

Tamin, O. Z., & Suyuti, R. (2013). Kajian Peningkatan Akurasi Matriks Asal-Tujuan yang Dihasilkan dari Data Arus Lalulintas pada Kondisi Keseimbangan. Journal of Mathematical and Fundamental Sciences, 39(1-2), 23-39. Retrieved from https://journals.itb.ac.id/index.php/jmfs/article/view/15

Issue

Section

Articles