MODEL SPASIAL SEBARAN PENCEMAR UDARA DARI SUMBER TRANSPORTASI DAN PENGARUHNYA PADA KUALITAS UDARA DI DALAM RUMAH DI SEKITAR JALAN RAYA (Studi kasus di Wilayah Karees dan Cibeunying Kidul, Bandung)

https://doi.org/10.5614/j.tl.2017.23.2.2

Authors

  • Filson Maratur Sidjabat Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Presiden
  • Driejana Driejana Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung

Abstract

Abstrak: Sektor transportasi, sebagai salah satu kontributor terbesar untuk gas rumah kaca, menjadi tantangan besar di abad 21 ini. Banyak juga pencemar udara lainnya yang diemisikan dari sektor ini, berdampak pada kesehatan manusia. Pengembangan pembangunan di sektor transportasi harus diarahkan menjadi pengembangan transportasi yang berkelanjutan dan memperhatikan aspek lingkungan dan kesehatan manusia. Oleh karena itu, di perlukan penelitian untuk mengembangkan metode dalam mengkuantifikasi dampak terhadap kesehatan manusia, di Indonesia dengan segala keterbatasan data yang ada. Tujuan dari makalah ini adalah mengembangkan pendekatan untuk memprediksi konsentrasi di dalam rumah yang berasal dari aktivitas transportasi terdekat. Dalam jurnal ini, analisa spasial akan dilakukan terhadap hasil model konsentrasi NO2 dan PM10, Model dispersi konsentrasi outdoor NO2 dan PM10 diperoleh dengan menggunakan CALINE4. Data input CALINE4 diantaranya data sekunder aktivitas transportasi dari 6 jalan, dihitung dengan faktor emisi UK-NAEI, data meteorologis, kordinat UTM reseptor "“ data penderita asma - dari penelitian sebelumnya. Persentase nilai kesalahan rata-rata dari model NO2, dari 120 reseptor di kawasan Cibeunying Kidul, adalah 33,3 % dan Nilai RMSE 18,5 µg/m3. Dari 3 reseptor di sekitar kawasan Karees, persentase nilai kesalahan rata-rata dari model PM10 adalah 29,89 % dan RMSE 1,02 µg/m3. Model konsentrasi NO2 dan PM10 adalah model 'factor of two'. Peta prediksi konsentrasi dalam rumah diperoleh menggunakan ArcGISd dengan metode interpolasi IDW. Persentase nilai kesalahan rata-rata dari model konsentrasi NO2 dalam rumah, dari 100 reseptor di kawasan Cibeunying Kidul, adalah 41,44 % dan Nilai RMSE 16,32 µg/m3. Dari 3 reseptor di sekitar kawasan Karees, persentase nilai kesalahan rata-rata dari model konsentrasi PM10 dalam rumah adalah 26,41 % dan RMSE 1,80 µg/m3. Model ini dapat digunakan untuk memprediksi konsentrasi NO2 dan PM10 dalam rumah di setiap reseptor untuk penelitian selanjutnya.)

 

Kata kunci: polusi udara, sektor transportasi, CALINE4, analisis spasial

 

Abstract : Transportation sector as one of the biggest contributors of greenhouse gas emission, becoming one of the biggest challenges in the 21st century. Many other air pollutants emit from this sector and have the human health effect. The development in this sector need to aims the sustainable transportation development, which concern the environment and human health aspects. Thus, need some research to develop the method to quantify the impact on human health, in Indonesia, where many data are limited and not available. This paper aims to develop an approach to estimate the pollutant concentration inside the house that is contributed by nearby transportation. In this paper, spatial analysis for the result modeling of NO2 and PM10. Outdoor NO2 and PM10 concentration dispersion model are obtained from CALINE4 software. Input data for CALINE4 are secondary data of transportation activiy from 6 road, calculated by UK-NAEI emission factor, meteorological data, the UTM coordinate of receptor -data of people with asthma - from previous study. The average percentage of error value from NO2 model, based on 120 receptor in Cibeunying Kidul area, is 33.3 % and RMSE is 18.5 µg/m3. From the 3 receptor around Karees area, the average percentage of error value from PM10 model is 28.89 % and RMSE is 1.02 µg/m3. NO2 and PM10 concentration model is a 'factor of two' model. The map of indoor concentration prediction are obtained using ArcGIS with IDW interpolation method,. The average percentage of error value from NO2 indoor concentration model, based on 100 receptor in Cibeunying Kidul area, is 41.44 % and RMSE is 16.32 µg/m3. From the 3 receptor around Karees area, the average percentage of error value from PM10 indoor concentration model is 26.41 % and RMSE is 1.80 µg/m3. The model can be used to predict the NO2 and PM10 indoor concentration in all receptors for further research..

 

Key words: . air pollution, transportation sector, CALINE4, spatial analysis

References

Beelen, R., Hoek, G., Pebesma, E., Vienneau, D., Hoogh, K.d., Briggs, D. J. 2009, Mapping of background air pollution at a fine spatial scale across the European Union. Science of Total Environment 407 (2009) 1852 - 1867.

Dijkema, Marieke. 2011. Traffic Related Air Pollution: Spatial Variation, Health Effects and Mitigation Measures. Thesis Utrecht University. ISBN: 978-90-5335-476-6.

Fernando, Dimitrova, Hedquist, et.al., 2008. Children's Health Project: Linking PM10 to Asthma in central Phoenix. Arizona State University, School of Computing and Informatics, Environmental Fluid Dinamics.

JICA. 2009. FINAL REPORT: Preparatory Survey for Bandung Intra Urban Toll Road Project. NIPPON KOEI CO., LTD.

LAPAN, 2000. Proses Fotokimia Atmosfer Laju Fotolisis NO2 dan Fotoketunakan NO/NO2/O3 Studi Kasus di Jakarta. Warla LAPAN, Vol.2, No.I, Januari-Maret 2000.

Lindley, S.J., Conlan, D.E., Raper, D.W., Watson, A.F.R. 1999. Estimation of Spatially Resolved Road Transport Emission For Air Quality Management Apllication In The North West Region Of England. The Science Of The Total Environment, 235, pp. 119-132

Morra P., Spadoni G. 2008. The Use of Air Criteria Pollutants in Analyzing Long-term Exposure Health Risks. University of Bologna, Department of Chemical, Mining and Environmental Engineering, Italy. Chemical Engineering Transactions, Volume 13, 2008. ISBN 978-88-95608-07-5.

Novianti, Srikandi. 2009. Inventarisasi dan Pemetaan Emisi Oksida Nitrogen dari Sektor Transportasi. Tugas Akhir Sarjana Program Studi Teknik Lingkungan, FTSL, ITB.

Nurrokhmah, Laila. 2010. Pemodelan Konsentrasi Oksida Nitrogen dari Emisi Transportasi pada Jalan Utama di Wilayah Karees dengan menggunakan CALINE4. Tugas Akhir Sarjana Program Studi Teknik Lingkungan, FTSL, ITB.

Purwaningrum, 2010. Pengukuran Konsentrasi Nitrogen Dioksia (NO2) di dalam Rumah serta Hubungannya terhadap Penyakit Asma. Tugas Akhir Sarjana Program Studi Teknik Lingkungan, FTSL, ITB.

Sidjabat F., Driejana, and Ade Sjafruddin.2011. Transport-Induced Emission Load baseline in Pasteur-Cileunyi and Ujungberung-Gedebage Route. Jurnal Transportasi FSTPT 201 (dipresentasikan dalam The 14th FSTPT International Symposium, Pekanbaru, 11-12 November 2011)

Skene, K. J., Gent, J. F., McKay, L. A., Belanger, Kathleen, et. al. 2010. Modeling effects of traffic and landscape characteristics on ambient nitrogen dioxide levels in Connecticut. Atmospheric Encironment 44 (2010) 5156 - 5164.

Thobarony, 2011. Pemodelan Pengaruh Program Car Free Day (CFD) di Jalan Dago terhadap Konsentrasi NO2 di Udara Ambien. Tugas Akhir Program Studi Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Bandung.

Tiwary, et al, 2009. An integrated tool to assess the role of new planting in PM10 capture and the human health benefits: A case study in London. Environmental Pollution 157 (2009) 2645-2653.

Weinmayr, Romeo, De Sario, Weiland, Forastiere, 2010. Short-Term Effects of PM10 and NO2 on Respiratory Health among Children with Asthma or Asthma-like Symptoms: A Systematic Review and Meta-Analysis. Environmental Health Perspectives: Volume 118, Number 4, April 2010.

Westerdahl, Dane, and Xing Wang, Xiaochuan Pan, K. Max Zhang. 2009. Characterization of On-road Vehicle Emission Factors and Microenvironmental Air Quality in Beijing, China. Atmospheric Environment 43 pp. 697-705.

Yudison, Driejana. 2011. Modeling of Outdoor NO2 Concentration to Predict Traffic Emission Influence to Indoor Air Quality in Houses Near Major Roads. Proceedings of the Eastern Asia Society for Tranportation Studies (EASTS). Vol.8, 2011.

Published

2017-10-03

How to Cite

Sidjabat, F. M., & Driejana, D. (2017). MODEL SPASIAL SEBARAN PENCEMAR UDARA DARI SUMBER TRANSPORTASI DAN PENGARUHNYA PADA KUALITAS UDARA DI DALAM RUMAH DI SEKITAR JALAN RAYA (Studi kasus di Wilayah Karees dan Cibeunying Kidul, Bandung). Jurnal Teknik Lingkungan, 23(2), 11-22. https://doi.org/10.5614/j.tl.2017.23.2.2

Issue

Section

Articles