Pengembangan Metode Rekonstruksi Jalan Berbasis Data Global Positioning System dan Giroskop
DOI:
https://doi.org/10.5614/MESIN.2017.26.1.3Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode rekonstruksi jalan yang efektif dan berbiaya murah. Jalan kendaraan bermotor yang direkonstruksi adalah Jalan E ITB yang memiliki karakteristik tanjakan, belokan, dan kemiringan. Dua parameter penting yaitu posisi dan kemiringan jalan diukur bersamaan menggunakan sensor Global Positioning System (GPS) dan sensor giroskop, yang dipasang pada mikrokontroler komersial Arduino. Perangkat tersebut ditempelkan pada trolley yang berperan sebagai kendaraan. Saat trolley didorong, sensor GPS dan giroskop mencatat posisi dan kemiringan dari trolley pada interval waktu tertentu. Data dari kedua sensor tersebut kemudian diolah sehingga menghasilkan posisi dalam ruang 3 dimensi dan sudut kemiringan jalan. Data pengukuran posisi dan sudut kemiringan dari perangkat yang dibuat juga dibandingkan dengan data yang diperoleh dari gawai Android komersial yang mempunyai sensor GPS dan giroskop. Hasil perbandingan menunjukan bahwa gawai Android dapat mengukur posisi dan sudut kemiringan lebih baik daripada perangkat yang dikembangkan. Lebih lanjut, dengan menggunakan data posisi dan sudut kemiringan yang telah diukur, rekonstruksi jalan E ITB secara digital menggunakan perangkat lunak komerisal CarSim telah sukses dilakukan. Data digital rekonstruksi jalan tersebut dapat digunakan untuk mensimulasikan kondisi kecelakaan, menentukan perilaku berkendara, hingga memetakan kerusakan/ketidaksesuaian jalan yang dapat berbahaya bagi pengendara.
References
Badan pusat Statistik, Jumlah Kecelakaan, Koban Mati, Luka Berat, Luka Ringan, dan Kerugian Materi yang Diderita Tahun 1992-2015, https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1134, (21 Januari 2017).
Santosa, S. P., Mahyuddin, A. I., Sunoto, F. G., Anatomy of injury severity and fatality in Indonesian traffic accidents, 49, pp. 412-422, 2017.
Herrero-Fernandez, D. & Fonseca-Baeza, S., Angry thoughts in Spanish drivers and their relationship with crash-related events. The mediation effect of aggressive and risky driving, Accident Analysis & Prevention, 106, pp. 99-108, 2017.
Jusuf, A., Nurprasetio, I. P., Prihutama, A. Macro data analysis of traffic accidents in Indonesia, Journal of Engineering and Technological Sciences, 49, pp. 132-143, 2017.
Steffan, H., Accident reconstruction methods, International Journal of Vehicle Mechanics and Mobility, 47, pp. 1049-1073, 2009.
Moser, A., Steffan, H., Spek, A., & Makkinga, W., Application of the Monte Carlo Methods for Stability Analysis within the Accident Reconstruction Software PC-CRASH, SAE Technical Paper 2003-01-0488, 2003.
McHenry, R., Segal, D., Deleys, N., Computer Simulation of Single Vehicle Accidents, SAE Technical Paper 670904, 1967.
Wang, S., Qian, Y., Qu, X., Reconstruction of Car-Electric Bicycle Side Collision Based on PC-Crash, Journal of Transportation Technologies, 4, pp. 355-364, 2014.
Zou, D. H., Li, Z. D., Shao, Y., Feng, H, Chen, J. G., Liu, N. G., Huang, P., Chen Y. J., Numerical Reconstruction and Injury Biomechanism in a Car-Pedestrian Crash Accident, PubMed Journals, 28 (6), pp. 401-407, 2012.
Hsu, H. H., Peng, W. J., Shih, T. H., Pai, T. W., Man, K. L., Smartphone Indoor Localization with Accelerometer and Gyroscope, 17th International Conference on Network-Based Information Systems (NBiS), IEEE Xplore, pp. 465-469, 2014.
Menard, T., Miller, J., Nowak, M. & Norris, D., Comparing the GPS Capabilities of the Samsung Galaxy S, Motorola Droid X, and the Apple Iphone for Vehicle Tracking Using FreeSim_Mobile, 14th International IEEE Conference on Intelligent Transportation Systems (ITSC), IEEE Xplore, pp. 985-990, 2011.
Zerr, G. B. M., The Length of a Degree of Latitude and Longitude for any Place. The American Mathematical Monthly, pp. 60-61, 1901.