Sifat Fisik dan Mekanik Mortar dengan Campuran Serutan Karet Ban Bekas Berbagai Merk

Authors

  • Restu Faizah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Henricus Priyosulistyo Universitas Gadjah Mada
  • Akhmad Aminullah Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.2.2

Keywords:

mortar, serutan karet ban bekas, merek ban bekas, sifat fisik dan mekanik.

Abstract

Abstract

The used rubber tire is one of the waste that becomes an environmental problem because the amount is abundant, while the utilization is still minimal. There are several tire brands in Indonesia, such as Goodyear, Dunlop, Pirelli, Yokohama, Gajah Tunggal, MRF, Bridgestone, and Michelin. This research investigates the physical and mechanical properties of mortars mixed with various brands (A, B, C, and D) of rubber tire crumbs (SKBB). The specimens are 15 pcs of mortar cylinder with 10 cm in diameter and 20 cm in height consisted of SKBB-mortars (12 pcs) and standard mortars (3 pcs). Initially, the SKBB is filtered using a #4-sieve (4.75 cm) and then mixed in mortar mixtures as a partial substitute of sand by 40% of the sand volume. Physical and mechanical properties test consist of density, compressive strength, modulus of elasticity, and ductility. The results showed that all of SKBB-mortars were lightweight mortars with densities of 1584.4 - 1701.1 kg/m3. The addition of all brands of SKBB into mortar mixtures can reduce density, compressive strength, and modulus of elasticity, but increase the ductility of the mortars. The B brand of SKBB is considered as the best choice as a replacement material of the part of sands to get the SKBB-mortar having good strength and ductility. To obtain a mortar-SKBB having properties of more strength and more ductile, it can be chosen a used rubber tire having low density and low shear modulus.

Abstrak

Karet ban bekas merupakan salah satu limbah yang jumlahnya sangat melimpah, namun pemanfaatannya masih sangat terbatas. Ban bekas yang beredar di Indonesia memiliki beragam merek, antara lain Goodyear, Dunlop, Pirelli, Yokohama, Gajah Tunggal, MRF, Bridgestone, Swallow dan Michelin. Penelitian ini memeriksa sifat fisik dan mekanik mortar dengan campuran serutan karet ban bekas (SKBB) dari berbagai merek (A, B, C, dan D). Benda uji berupa 15 buah silinder mortar dengan diameter 10 cm dan tinggi 20 cm, yang terdiri dari 12 buah mortar SKBB dan 3 buah mortar normal. Bahan SKBB disaring terlebih dahulu menggunakan saringan no.4 (4,75 cm) dan dicampurkan pada adukan mortar sebagai bahan pengganti sebagian pasir sebesar 40% volume pasir. Sifat-sifat fisik dan mekanik yang diuji meliputi densitas, kuat tekan, modulus elastisitas dan daktilitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa mortar SKBB semua merek merupakan mortar ringan dengan densitas antara 1584,4 "? 1701,1 kg/m3. Penambahan SKBB semua merek pada adukan mortar dapat menurunkan densitas, kuat tekan dan modulus elastisitas mortar, namun meningkatkan daktilitasnya. SKBB merek B dinilai sebagai pilihan terbaik untuk digunakan sebagai bahan pengganti sebagian pasir pada mortar, untuk memperoleh mortar SKBB yang memiliki kekuatan dan daktilitas yang baik. Untuk mendapatkan mortar SKBB yang memiliki kuat tekan lebih tinggi dan memiliki sifat lebih daktail, dapat dipilih karet ban bekas sebagai bahan campuran mortar, yang rendah densitas dan modulus gesernya.

Author Biographies

Restu Faizah, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Department of Civil Engineering

Henricus Priyosulistyo, Universitas Gadjah Mada

Guru Besar pada Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (DTSL) FT UGM

Akhmad Aminullah, Universitas Gadjah Mada

Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (DTSL) FT UGM

References

Aliabdo, A. A., Abd Elmoaty, A. E. M., & AbdElbaset, M. M. (2015). Utilization of waste rubber in non-structural applications. Construction and Building Materials, 91, 195-207. https://doi.org/10.1016/j.conbuildmat.2015.05.080

Standard Test Method for Static Modulus of Elasticity and Poisson's Ratio of Concrete in Compression, Pub. L. No. C469-02, 1 (2002).

Standard Practice for Mechanical Mixing of Hydraulic Cement Pastes and Mortars of Plastic Consistency, Pub. L. No. C305-02, ASTM C305-06 ASTM C305"06 1 (2006).

Bekhiti, M., Trouzine, H., & Asroun, A. (2014). Properties of Waste Tire Rubber Powder. 4(4), 4.

Bisht, K., & Ramana, P. V. (2017). Evaluation of mechanical and durability properties of crumb rubber concrete. Construction and Building Materials, 155, 811-817. https://doi.org/10.1016/j.conbuildmat.2017.08.131

Spesifikasi agregat ringan untuk beton ringan struktural, SNI 03-2461-2002 SNI 03-2461-2002 8 (2002).

Cara Uji Kuat Tekan Beton dengan Benda Uji Silinder, 1974: 2011 SNI 1974: 2011 15 (2011).

DPU. (2006). Pedoman Teknis: Rumah dan Bangunan Gedung Tahan Gempa (dilengkapi dengan

Metode dan Cara Perbaikan Konstruksi.

DPU, D. C. K. (1993). Pedoman Pembangunan Bangunan Tahan Gempa. DPU.

Fahnani, D. R. (2009). Tinjauan Modulus Elastisitas Repair Mortar dengan Bahan Tambah Serat Ban [Skripsi]. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Faizah, R., Priyosulistyo, H., & Aminullah, A. (2019a). An Investigation on Mechanical Properties and Damping Behaviour of Hardened Mortar with Rubber Tire Crumbs (RTC). MATEC Web of Conferences, 258, 05002. https://doi.org/10.1051/matecconf/201925805002

Faizah, R., Priyosulistyo, H., & Aminullah, A. (2019b). The Properties of Waste Rubber Tires in Increasing the Damping of Masonry Wall Structure. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering., 650, 012041. https://doi.org/10.1088/1757-899X/650/1/012041

Faizah, R., Satyarno, I., Priyosulistyo, H., & Aminullah, A. (2018). Improving the Masonry Brick Ductility using Mortar Bed Joint from Rubber Tire Crumbs: A Review. Journal of Physical Science, 29(Supp. 2), 117-132. https://doi.org/10.21315/jps2018.29.s2.9

FHWA-HIF. (2014). The Use of Recycled Tire Rubber to Modify Asphalt Binder and Mixtures. US Department of Transportation Federal Highway Administration.

Hendrawan, M. A., & Purboputro, P. I. (2015). Studi Karakteristik Sifat Mekanik Kompon Karet dengan Variasi Komposisi Sulfur dan Carbon Black sebagai Bahan Dasar Ban Luar. Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) 3, 8.

Moustafa, A., & ElGawady, M. (2015). Damping Properties of High Strength Concrete with Scrap Tire Rubber. Researchgate, Net, 10. https://www.researchgate.net/publication/281895445_Damping_properties_of_high_strength_concrete_with_scrap_tire_rubber

Mutar, M. A., Hussein, T. S., & Malik, S. H. (2018). Effect of Crumb Rubber Aggregates on the Characteristics of Cement Concrete as Partial Replacement. International Journal of Mechanical and Production Engineering Research and Development (IJMPERD), 8(1), 11.

Nasution, M. (2019). Pengujian Sifat Mekanik Mortar dengan Persentase Komposisi Serat Karet Ban Bekas [Thesis]. Universitas Gadjah Mada.

Pane, A. (2012). Ekspor Ban Capai 18 Juta Unit. Kementrian Perindustrian R, Jakarta.

Paulay, T., & Priestley, M. J. N. (1992). Seismic Design of Reinforced Concrete and Masonry Buildings. John Wiley & Sons, Inc.

Sadek, D. M., & El-Attar, M. M. (2015). Structural behavior of rubberized masonry walls. Journal of Cleaner Production, 89, 174-186. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2014.10.098

Sidabutar, V. (2013). Metoda Pengujian Sifat Fisik Barang Jadi Karet (Buku Ajar). Kementrian Perdagangan RI.

Wakchaure, M. R., & Channa, S. S. (2018). Crumb Rubber in Concrete: Static and Dynamic Evaluation. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), 5(10), 520-524.

Wisnumurti, Soehardjono, A., & Palupi, K. A. (2007). Optimalisasi Penggunaan Komposisi Campuran Mortar terhadap Kuat Tekan Dinding Pasangan Bata Merah. Jurnal Rekayasa Sipil, 1(1), 25-32.

Published

2020-08-19

How to Cite

Faizah, R., Priyosulistyo, H., & Aminullah, A. (2020). Sifat Fisik dan Mekanik Mortar dengan Campuran Serutan Karet Ban Bekas Berbagai Merk. Jurnal Teknik Sipil, 27(2), 117-126. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.2.2

Issue

Section

Articles