Analisis Stabilitas Lereng di KM 258 Ponorogo - Pacitan menggunakan Metode Rock Mass Rating (RMR)

Authors

  • Miftahul Avidatur Rohmah Jurusan Teknik Sipil, Universitas Brawijaya, Malang
  • Arief Rachmansyah Jurusan Teknik Sipil, Universitas Brawijaya, Jl. M.T. Haryono No. 167, Malang
  • Harimurti Harimurti Jurusan Teknik Sipil, Universitas Brawijaya, Jl. M.T. Haryono No. 167, Malang

DOI:

https://doi.org/10.5614/jts.2022.29.3.8

Abstract

Abstract

One of the locations that have occurred the landslides on Pacitan - Ponorogo route was at KM 258 in December 2017. This location have three adjacent slope segments, The first slope segment has experienced landslides and countermeasures have been done in the form of a retaining wall reinforcement structure, as well as the second slope segment there has been a landslide but there was no additional structural reinforcement, to prevent sliding on the third slope segment an investigation is needed on the slope. The kinematics analysis method is used, the weighting of the Rock Mass Rating (RMR) rock mass then correlated with the Slope Mass Rating (SMR) angle slope reference table and the referenced angle simulation by using the Geostructural program. The kinematics analysis is assisted by using the DIPS program to determine the type of slope sliding, that is a rotational landslide. The weighting of the Rock Mass Rating (RMR) rock mass on the slopes studied obtained a value of 39 (class IV) where the rock type is poor rock, and the correlation with the Slope Mass Rating (SMR) on Rock Mass Rating (RMR) class IV rocks is suggested with a slope angle of 45. After simulating slope stability using the Geostructual program with various angles of 80, 75, 70, 65, 60, 55, 50 to 45, the effective angle is 60 with FS value of 1.55.

Keywords: Slope stability, Rock Mass Rating (RMR), factor of safety.

Abstrak

Salah satu lokasi yang pernah terjadi longsor pada jalur Pacitan - Ponorogo adalah di KM 258 pada bulan Desember 2017. Pada lokasi tersebut terdapat 3 segmen lereng yang berdekatan, segmen lereng pertama pernah terjadi longsor dan telah dilakukan penanggulangan berupa struktur perkuatan dinding penahan tanah, begitu pula dengan segmen lereng kedua pernah terjadi longsor namun pada segmen ini belum dilakukan penambahan perkuatan struktur, untuk mencegah kelongsoran pada segmen lereng ketiga dilakukan penyelidikan pada lereng tersebut. Digunakan metode analisa kinematika, pembobotan masa batuan Rock Mass Rating (RMR) lalu dikorelasikan dengan tabel refrensi kemiringan sudut Slope Mass Rating (SMR) dan simulasi sudut yang direfernsikan menggunakan bantuan program Geostructural. Pengerjaan analisa kinematika dibantu dengan menggunakan program DIPS untuk mengetahui jenis kelongsoran lereng dan didapat jenis keruntuhan adalah longsoran rotasi. Pembobotan masa batuan Rock Mass Rating (RMR) pada lereng yang diteliti didapat nilai 39 (kelas IV) yang mana jenis batuan adalah batuan buruk, dan korelasi dengan Slope Mass Rating (SMR) pada batuan kelas IV Rock Mass Rating (RMR) adalah disarankan sudut lereng sebesar 45. Setelah disimulasikan stabilitas lereng dengan menggunakan bantuan program Geostructual dengan variasi sudut 80, 75, 70, 65, 60, 55, 50 hingga 45, didapatkan sudut efektif yaitu 60 dengan nilai FS 1,55.

Kata kunci: Stabilitas Lereng, Rock Mass Rating (RMR), angka keamanan.

Published

2022-12-25

How to Cite

Avidatur Rohmah , M. ., Rachmansyah, A. ., & Harimurti, H. (2022). Analisis Stabilitas Lereng di KM 258 Ponorogo - Pacitan menggunakan Metode Rock Mass Rating (RMR). Jurnal Teknik Sipil, 29(3). https://doi.org/10.5614/jts.2022.29.3.8