Analisis Perubahan Kecepatan pada Jalan Tol Semarang-Demak Akibat Bencana Banjir Rob di Pesisir Utara Semarang

Authors

  • Estiyani Windra Kusumowardani ITB
  • Sony Sulaksono Wibowo ITB
  • Febri Zukhruf ITB

DOI:

https://doi.org/10.5614/jts.2023.30.3.17

Keywords:

Banjir rob, jalan tergenang, pemodelan lalu lintas, kinerja jalan, resiliensi infrastruktur

Abstract

Abstrak

Problematika banjir rob telah menimbulkan berbagai macam kerugian mulai dari aspek kesehatan, lingkungan, kehidupan sosial ekonomi, dan infrastruktur. Dampak langsung banjir terhadap infrastruktur jalan berupa kerusakan fisik meliputi biaya rekonstruksi jalan yang rusak, sedangkan dampak tidak langsung meliputi biaya akibat kemacetan dan terhambatnya pengiriman logistik. Sebagai bentuk strategi adaptasi fisik terhadap kondisi banjir rob di Semarang Utara, penyelenggara jalan saat ini tengah melakukan pembangunan jalan Tol Semarang- Demak untuk mempertahankan kemampuan layan berupa arus lalu lintas pada jaringan. Kajian ini difokuskan untuk menganalisis perubahan kecepatan akibat banjir rob di ruas jalan Semarang-Demak. Berdasarkan hasil pemodelan, pada kondisi jalan tidak tergenang banjir, dihasilkan shifting lalu lintas sebesar 13% ketika tol Semarang-Demak seksi 2 beroperasi di tahun 2023. Penghematan waktu tempuh dari perjalanan via tol mencapai 40%. Puncak shifting terjadi pada genangan banjir setinggi 200mm dengan jumlah shifting sebesar 89%. Ketika kondisi jalan nasional Semarang-Demak tergenang banjir rob hingga 250mm, jalan tol dapat mempertahankan kinerjanya dengan penurunan kecepatan tempuh sebesar 12% sementara jalan nasional menurun hingga 78%. Dengan begitu, lalu lintas orang dan barang dapat dialihkan sementara melalui jalan tol tanpa terjadi kemacetan panjang. Beroperasinya tol Semarang-Demak menjadi salah satu bentuk resiliensi infrastruktur jalan terhadap bencana banjir rob yang menggenangi jalan nasional Semarang-Demak.

References

Abidin, H.Z., Andreas, H.Gumilar, I., Sidiq, T.P. & Fukuda. (2013). Land Subsidence in Coastal City of Semarang (Indonesia): Characteristics, impact and causes, Geomatics, Natural Hazard and Risk. 226-240.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah . (2021). Statistik Perhubungan Provinsi Jawa Tengah . BPS Jawa Tengah .

BPJT. (2023). Tarif Tol. Retrieved from Badan Pengatur Jalan Tol: https://bpjt.pu.go.id/cek-tarif-tol

Brown, S., Dawson R, J. (2016). Building Network-Level Resilience to Resource Disruption from Flooding: Case Studies from Shetland Island and Hurricane Sandy. FloodRisk. Lyon.

Doornkamp, J.C. (1998). Coastal Flooding, global warming, and environmental management. J Environ Manage, 327-333.

Drake, J., Scofer, J., & May, A. D. (1965). A statistical analysis of speed-density hypotheses. Proceeding of Third International Symposium on Theory of Traffic Flow. New York: Vehicular Traffic Science.

Hadi, S.P. (2017). In search for sustainable coastal management: A case study of Semarang, Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science.

Hammond, M.J., Chen, A.S., Djordjevic, S., Butler, D. Mark. (2015). Urban Flood Impact Assessment: a state-of-the- art review. Urban Water Journal, 14-29.

Harwitasari, D., van Ast, J. (2011). Climate Change Adaptation in Practice: people's Responses to tidal flooding in Semarang, Indonesia. J Flood Risk Management, 1-18.

Hermin et al. (2018). Ecological Communication in Asia Pacific. Pacific Journalism Review.

Kramer,M., Terheiden,K. , & Wieprecht, S. (2016). Safety criteria for the trafficability of inundated roads in urban floodings. International Journal of Disaster Risk Reduction, 77-84.

Kusumaning,T., Sekar,F. (2014). Flood Management Strategy in Port of Tanjung Emas Semarang. Warta Penelitian Perhubungan, 677-687.

Pregnolato M., Ford A., Sean M., Wilkinson, Dawson R. (2017). The impact of flooding on road transport: A depth-disruption function. Transportation Research Part D, 67-81.

PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. (2022). Laporan Pengoperasian dan Pemeliharaan Jalan Tol Ruas Semarang ABC Periode Triwulan I .

Pyatkova, K., Albert S.Chen., Butler,D. , & Zoran, V. (2019). Assessing the knock-on effects of flooding on road transportation. Journal of Environmental Management, 48-60.

Robie, D. (2017). Tiny Timbulsloko fights back in the face of Indonesia's 'ecological disaster'. Asia Pacific Report.

Shand, T.D., Cox, R.J., Blacka, M.J., Smith, G.P. (2011). Australian Rainfall and Runoff Revision Project 10: Appropriate Safety Criteria for Vehicles-Literature Review. Manly Vale: Water Research Laboratory University of New South Wales (UNSW).

Smith, G.P., Modra, B.D., Tucker, T.A., & Cox, R.J. (2017). Vehicle stability testing for flood flows. New South Wales: Water Research Laboratory UNSW.

Wage Centre. (2023). Minimum and Average Salary in Indonesia. Retrieved from WageCentre.com: https://wagecentre.com/work/work-in-asia-and-oceania/salary-in-indonesia.

Walsh, C.L., Ford, A., Barr, S., Dawson, R.J. (2012). A Spatio-temporal modeling framework for the integrated assessment of cities in Earth System Engineering. A technical symposium on systems engineering for sustainable adaptation to global change. Newcastle Upon Thyne (UK): Centre for Earth Systems Engineering Research, Newcastle University.

Published

2023-12-21

How to Cite

Kusumowardani, E. W., Wibowo, S. S. ., & Zukhruf, F. (2023). Analisis Perubahan Kecepatan pada Jalan Tol Semarang-Demak Akibat Bencana Banjir Rob di Pesisir Utara Semarang. Jurnal Teknik Sipil, 30(3), 491-493. https://doi.org/10.5614/jts.2023.30.3.17