Dampak Beban Sumbu Kendaraan Berlebih (Over Dimension Over Loading) Terhadap Penurunan Umur Layan Perkerasan Jalan Dan Peningkatan Kebutuhan Biaya Pemeliharaan Jalan Tol

Authors

  • Ligar Fitrianingsih Himpunan Pengembagan Jalan Indonesia, Dewan Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Ranna Kurnia Himpunan Pengembagan Jalan Indonesia, Dewan Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.5614/jts.2025.32.2.10

Keywords:

ODOL, remaining service life of pavement, toll road maintenance costs

Abstract

Abstrak

Kebijakan Zero ODOL telah dideklarasikan tahun 2023 namun faktanya masih banyak pelanggaran ODOL khususnya di ruas jalan tol. Dampak dari pelanggaran ODOL ini adalah penurunan umur layan perkerasan jalan dan meningkatnya biaya pemeliharaan jalan yang harus di alokasikan oleh Pengelola Jalan Tol. Kajian ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar dampak yang terjadi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan umur layan perkerasan dan biaya pemeliharaan jalan yang dihasilkan beban faktual dari data Weight in Motion (WIM) dan beban normal kendaraan berdasarkan beban ijin yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan. Hasil analisis menunjukkan penurunan umur layan yang lebih cepat daripada umur layan yang direncanakan akibat kendaraan ODOL pada ruas jalan tol Jakarta ? Bogor ? Ciawi, tol JORR E dan tol Padalarang ? Cileunyi. Dampak dari penurunan umur layan yang lebih cepat ini adalah kenaikan biaya pemeliharaan jalan sebesar 17.38% untuk ruas tol Jakarta ? Bogor ? Ciawi, tol JORR E naik 13.59% dan tol Padalarang ? Cileunyi naik 10.89% dari biaya normal pemeliharaan jalan.

Kata-kata kunci: ODOL, umur layan perkerasan jalan, biaya pemeliharaan jalan tol

Abstract

The Zero ODOL policy has been declared in 2023, but in fact there are still many ODOL violations, particularly on toll road sections. The impact of these ODOL violations is the reduction in the service life of the road pavement and the increase in maintenance costs that must be allocated by the Toll Road Operators. This study is conducted to measure the extent of the impact. Data analysis was perfomed by comparing the service life of the pavement and road maintance costs generated by actual load data from Weight in Motion (WIM) and the normal vehicle load based on the weight limits set by the Ministy of Transportation. The analysis results show a faset reduction in the service life compared to the planned service life due to ODOL vehicles on the toll roads of Jakarta ? Bogor ? Ciawi, JORR E, and Padalarang ? Cileunyi. The impact of this faster reduction in service life is an increase in Toll Road maintenance costs by 17.38% for the Jakarta ? Bogor ? Ciawi, 13.59% for the JORR E, and 10.89% for the Padalarang ? Cileunyi, compared to the normal Toll Road maintenance costs.

Keywords: ODOL, remaining service life of pavement, toll road maintenance costs

References

Anugrah, D. (2011). Mnalisis biaya rehabilitasi dan pemeliharaan jalan akibat muatan lebih (Ruas Jalan Puding Besar?Kota Waringin Kabupaten Bangka) (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Asie, H., Dwimawanti, I. H., Astuti, R. S., & Afrizal, T. (2022). Advokasi kebijakan zero overloading angkutan barang di kabupaten lamandau. Perspektif, 11(3), 1050-1060.

Erzag, A. N., Sentosa, L., & Putra, B. H. R. (2023). Perbandingan VDF Jembatan Timbang Tanjung Balik Terhadap VDF MDPJ 2017 Berdasarkan Beban Aktual. Cantilever: Jurnal Penelitian dan Kajian Bidang Teknik Sipil, 12(2), 103-110.

Febriani, S. P., & Mintarsih, M. (2023). Penegakan Hukum Dalam Kebijakan Zero Overdimension dan Overloading Terhadap Pengangkutan Barang: Law Enforcement in Zero Over Dimension and Over Loading Policy for Transportation of Goods. Reformasi Hukum, 27(1), 42-50.

Hadi, M. A. (2023). Identifikasi Kerentanan Kinerja Perkerasan Jalan Terhadap Aktivitas Overload Kendaraan Menggunakan Program KENPAVE. Siklus: Jurnal Teknik Sipil, 9(2), 95-104.

Oktarinda, E., Prihutomo, N. B., & Maulani, E. O. (2022). Analisis Pengaruh Kendaraan Odol Terhadap Tingkat Kecelakaan Di Jalan Tol. Construction and Material Journal, 4(1), 49-57.

Pardede, J. P., Putranto, L. S., & Aji, R. B. (2025). Road Pavement Repair Methods to Achieve SDG9: Due to the Impact of Overloading Vehicles on Jorr E Toll Road. Journal of Lifestyle and SDGs Review, 5(1), e04171-e04171.

Paterson, W., & Attoh-Okine, B. (1992). Summary models of paved road deterioration based on HDM-III. Transportation Research Record, (1344).

Rolt, J., & Parkman, C. C. (2000). Characterisation of Pavement Strength in HDM III and changes adopted for HDM-4. In 10th International Conference of the Road Engineering Association of Asia and Australia.

Zukhruf, F., Frazila, R. B., Burhani, J. T., & Ag, R. A. S. (2019). Pengembangan Model Optimasi Pemeliharaan Jalan Tahun Jamak dengan Batasan Anggaran.

Published

2025-08-26

How to Cite

Fitrianingsih, L., & Kurnia, R. (2025). Dampak Beban Sumbu Kendaraan Berlebih (Over Dimension Over Loading) Terhadap Penurunan Umur Layan Perkerasan Jalan Dan Peningkatan Kebutuhan Biaya Pemeliharaan Jalan Tol. Jurnal Teknik Sipil, 32(2), 221-232. https://doi.org/10.5614/jts.2025.32.2.10