Model Pemilihan Moda Angkutan Penumpang Pesawat Terbang dan Kapal Cepat dengan Data SP (Stated Preference) (Studi Kasus: Rute Palembang - Batam)
DOI:
https://doi.org/10.5614/jts.2007.14.2.4Keywords:
Model pemilihan moda, Stated Preference data, Atribut perjalanan.Abstract
Abstrak
Penelitian ini dimaksudkan untuk membangun model pemilihan moda angkutan penumpang antara pesawat terbang dan kapal cepat rute Palembang "? Batam melalui pengetahuan atas preferensi pengguna jasa terhadap atribut perjalanan moda yang kemudian dimodelkan untuk memperoleh nilai utilitas dan probabilitas pemilihan masing-masing moda. Perumusan perilaku individu dalam memilih moda angkutan ke dalam model pemilihan moda dilakukan dengan memanfaatkan data SP (Stated Preference). Penelitian ini menggunakan 5 (lima) atribut perjalanan yang dianggap berpengaruh besar dalam perilaku pemilihan moda, yaitu biaya perjalanan, total waktu perjalanan, aksesibilitas menuju Bandara/Pelabuhan, frekuensi keberangkatan, dan tingkat pelayanan/fasilitas di dalam moda. Dari hasil analisis diperoleh persamaan selisih utilitas pesawat terbang dan kapal cepat sebagai berikut:
UPT "? UKC = -6,727088 "? 0,000010 X1 "? 1,502469 X2 + 2,363855 X5
yang mana :
UPT = utilitas pesawat terbang
UKC = utilitas kapal cepat
X1 = Selisih biaya perjalanan pesawat terbang dan kapal cepat
X2 = Selisih total waktu perjalanan pesawat terbang dan kapal cepat
X5 = Selisih tingkat pelayanan pesawat terbang dan kapal cepat
Dan, probabilitas memilih masing-masing moda adalah :
PKC = 1 / 1+exp (UPT "?U KC )
PPT = 1 - PKC
yang mana :
PPT = Probabilitas pemilihan pesawat terbang
PKC = Probabilitas pemilihan kapal cepat
Berdasarkan analisis sensitivitas, waktu perjalanan merupakan atribut yang paling sensitif mempengaruhi probabilitas pemilihan pesawat terbang dan kapal cepat.
Abstract. The objective of the research is to develop mode choice models of passenger transportation between aeroplane and high speed ferry on the Palembang "? Batam route by means of travellers' preference of mode attributes to obtain the utility and choice probability of each mode. The mode choice model was developed based on individual mode choice behaviour which was estimated by applying SP (Stated Preference) data. This research considered five travel service attributes assumed to influence mode choice significantly, namely cost, journey time, accessibility, service frequency, and quality of services. The resulting difference of utilities between aeroplane and high speed ferry is:
UPT "? UKC = -6,727088 "? 0,000010 X1 "? 1,502469 X2 + 2,363855 X5
where
UPT = utility of aeroplane
UKC = utilitas of high speed ferry
X1 = Cost difference of aeroplane and high speed ferry
X2 = Journey time difference of aeroplane and high speed ferry
X5 = Service quality difference of aeroplane and high speed ferry
And, the probability of mode choices are :
PKC = 1 / 1+exp (UPT "?U KC )
PPT = 1 - PKC
where:PPT = Probability of choosing aeroplane
PKC = Probabilitas of choosing high speed ferry
According to the sensitivity analysis, journey time is the most sensitive attribute which influences the probability of mode choice.
References
Ben-Akiva, M.E., Lerman, S.R., 1985, "Discrete Choice Analysis: Theory and Aplication to Travel Demand" , MIT Press, Combridge.
Cochran, W.G., Cox, G..M., 1957, "Exprimental Design" , John Wiley & Sons, New York.
Kanafani, A., 1983, "Transportation Demand Analysis" , Mc Graw-Hill Book Company.
Ortuzar, J.D., Willumsen, L.G., 2001, "Modelling Transport" , 3rd edition, John Wiley & Sons, UK.
Permain, D., Kroes, E., 1990, "Stated Preference Techniques; A Guide to Practice" , Steer Davies Gleave & Gleave Ltd, Hague Consultancy Group.
Setiawan, B., 2005, "Kajian Model Pemilihan Moda Angkutan Penumpang antara Pesawat Terbang dan Kapal Cepat dengan Teknik Stated Preference(Studi Kasus: Rute Palembang - Batam)" , Tesis Magister
Teknik Sipil, ITB
Setyono, J.K., 2002, "Sensitivitas Respon Individu dalam Memilih Moda Antara Angkutan Umum dan Kendaraan Pribadi untuk Maksud Kerja dengan Teknik Stated Preference" , Tesis Magister Teknik Sipil,
ITB.
Tamin, O.Z., 2000, "Perencanaan dan Pemodelan Transportasi" , ITB, Bandung.
Wiyono, H.W., 1996, "Analisis Preferensi Pemilihan Moda Pesawat Terbang dan Kereta Api Rute Jakarta - Bandung dan Sebaliknya Menggunakan Model Logia" , Tesis Magster Teknik Sipil, ITB.



