Gerusan yang Terjadi di Sekitar Abutment Tanpa Sayap pada Jembatan (Kajian Laboratorium)

Authors

  • Agung Wiyono Agung Wiyono Hadi Soeharno Anggota KK Teknik Sumber Daya Air , FTSL-ITB, Jl. Ganesha No.10 Bandung 40132.
  • Widyaningtias Widyaningtias 2. Mahasiswa Program Magister Teknik Sumber Daya Air , FTSL-ITB, Jl. Ganesha No.10 Bandung 40132.

DOI:

https://doi.org/10.5614/jts.2007.14.4.2

Keywords:

Sungai, Abutment, Saluran, Gerusan, Sedimentasi.

Abstract

Abstrak. Sungai sebagai salah satu sumber daya air yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pemanfaatan sungai yang tidak ramah lingkungan menjadi salah satu masalah yang belum terpecahkan hingga saat ini. Termasuk juga otimalisasi sungai sebagai sarana transportasi air, baik secara langsung memanfaatkan aliran sungai, ataupun memanfaatkan badan sungai sebagai penopang jembatan. Salah satu bagian terpenting dari jembatan adalah abutment jembatan. Abutment jembatan adalah struktur di ujung-ujung jembatan yang berfungsi sebagai kaki jembatan dan tumpuan atau penyalur beban, dalam hal ini struktur tersebut masuk ke dalam sungai. Pemodelan suatu saluran terbuka dengan pemasangan abutment pada empat titik, yaitu pada saluran lurus, saluran dengan tikungan 180o, saluran lurus diantara tikungan, dan saluran dengan tikungan 90o. Tujuan pemodelan ini adalah untuk mengetahui besar gerusan yang terjadi pada sungai lurus dan sungai dengan tikungan. Model ini akan
dialiri air dengan beberapa debit yang berbeda. Kedalaman gerusan dan kecepatan aliran yang terjadi akan diukur. Data kedalaman gerusan dan kecepatan aliran digunakan untuk menghitung gerusan maupun sedimentasi yang terjadi dengan menggunakan beberapa formula, yaitu Formula Froehlich, Laursen, Melville. Hasil dari perhitungan dari masing-masing formula tersebut dibandingkan dengan pengamatan fisik, perbedaan yang terjadi merupakan representasi prosentase kesalahan dari setiap formula yang digunakan.

Abstract. An example of water resource is the river which is vital for human life. River exploitation is an environmental problem which has not been solved. This problem include river as a mean of transport, either directly using the stream flow, or using the bank as bridge foundation. One of the most important factors of the bridge is the abutment. The abutment is a structure, build at the edge of the bridge. Abutment is designed to hold the weight of the bridge and over the bridge. The structure of the abutment usually planted in to the river. The model is build as an open channel flow with abutment at four points of the channel, straight channel, 180 curves, straight channel between curve, and 90 curves. The purpose is to model and measure the scorching at straight and curve river flow. The model will be watered with different debits. The flow and the scorch depth will be measured. The data measured will be used to calculate scour and sedimentation using several formulas, Froehlich, Laursen, and Melville. The result from each calculation will be compared with the observation data. Error will be calculated from the differences between the calculation and observation data.

References

Asmat, R. Junaedi, 2002, "Gerusan Lokal pada Tikungan Saluran Tanpa dan Adanya Krib (Penelitian Laboratorium)" , Tesis Magister, Bidang Studi MP - Pengembangan Sumberdaya Air, Jurusan Teknik Sipil, Program Pasca Sarjana ITB, Bandung.

Egon, Andi dan Deasilia Indrasari, 2005, "Perhitungan Kedalaman Gerusan dengan Adanya Pilar Silinder di Saluran Lurus dan Tikungan Saluran (Kajian Laboratorium)" , Tugas Akhir, Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknis Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Bandung.

EMIIP, Fischenich, Craig and Mark Landers, 2000, "Computing Scour" .

Federal Highway Administration, US Department of Transportation, 2004, "Enhanced Abutment Scour Studies for Compound Channels" , Publication No. FHWA-RD-99-156, National Highway Institute.

Federal Highway Administration, US Department of Transportation, 1996, "Bottomless Culverts Scour Study" , Mid West Hydraulics Conference, Presentation by: J. Sterling Jones Landers, Mark N., et.

al., 1996, "Bridge-Scour Data Management System User's Manual" , Federal Highway Administration, Virginia.

May, R. W. P., et. al., 2002, "Manual on Scour at Bridges and Other Any Structures" , London.

Parr, A. David and Andrew Smith, 2000, "HEC-RAS 2.2 for Backwater and Scour Analysis-Phase One, Report No. K-TRAN: KU-00-9 Interim Report, The University of Kansas.

Richardson, E.V and S.R. Davis, 1995, "Evaluating Scour at Bridges" , Hydraulic Engineering Circular No. 18 (HEC-18), Publication No. FHWA-IP-90-017, Third Edition, Federal Highway Administration, Washington, D.C.

Streeter, Victor L., 1999, " Mekanika Fluida" , Edisi Delapan, Jilid 1, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ted Yang, Chih, 1996, "Sediment Transport: Theory and Practice', The McGraw-Hill Companies, Inc.

Ven Te Chow, 1997, " Hidrolika Saluran Terbuka" , Cetakan Keempat, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Downloads

Published

2010-12-01

How to Cite

Soeharno, A. W. . A. W. H., & Widyaningtias, W. (2010). Gerusan yang Terjadi di Sekitar Abutment Tanpa Sayap pada Jembatan (Kajian Laboratorium). Jurnal Teknik Sipil, 14(4), 181-196. https://doi.org/10.5614/jts.2007.14.4.2

Issue

Section

Articles