Analisis Kesesuaian Model Modulus Aspal dan Campuran Laston Lapis Aus untuk Aspal Modifikasi Asbuton Murni

Authors

  • Harmein Rahman Program Studi Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung
  • Rizak Taruna Zega Program Studi Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.5614/jts.2018.25.1.9

Keywords:

Modulus kekakuan aspal, modulus kekakuan campuran beraspal, asbuton murni, modifikasi asbuton, laston lapis aus

Abstract

Abstrak

Pendekatan desain struktur perkerasan lentur secara mekanistik telah sangat berkembang dalam tiga dekade terakhir. Sejak 1970-an, karakteristik campuran beraspal sudah lebih dipahami dengan adanya alat-alat pengujian yang langsung menguji nilai modulus dari suatu bahan seperti alat uji Direct Shear Rheometer (DSR) dan alat uji Universal Material Testing Apparatus (UMATTA). Dari sisi yang lain, model-model telah diturunkan untuk menghitung modulus kekakuan aspal (Sbit), seperti: Nomogram Van der Poel maupun rumus Ullidtz dengan batasan-batasan tertentu. Disamping itu model matematis juga diturunkan untuk perhitungan modulus campuran beraspal (Smix) seperti: Metode Bonnaure et.al (1977), Asphalt Institute (1982) dan Nottingham (Brown, et. al. 1984). Dalam kerangka pikir kebutuhan atas peningkatan kinerja bahan aspal yang menggunakan modifikasi bahan lokal, penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelaahan dan evaluasi terhadap kesesuaian hasil pengujian dan model untuk objek bahan aspal yang dimodifikasi aditif berupa asbuton murni. Modifikasi yang diharapkan dapat memperbaiki nilai Sbit dan Smix ini dilakukan dengan menambahkan asbuton murni 8% dari berat aspal, dalam campuran laston lapis aus. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada rangkaian penelitian asbuton berupa indikasi kesesuaian model yang sejatinya menggunakan aspal minyak standar, untuk mempredikasi nilai Sbitdan Smix dalam campuran laston lapis aus yang menggunakan aspal minyak modifikasi asbuton murni.

Abstract

Pavement design with mechanistic approach has been rapidly developed since the last three decades. Since 1970's bituminous mixes characteristics has been understood better with the discovery of testing equipment(s), such as Direct Shear Rheometer (DSR) and Universal Material Testing Apparatus (UMATTA) that can directly determined the modulus of asphalt and mixes. Some models also parallelly developed for the same purposes which are determining asphalt stiffness modulus (Sbit), such as: Van der Poel Nomogran, and Ullidtz, formula and mix stiffness modulus (Smix), such as: Bonnaure et.al (1977), Asphalt Institute (1982) and Nottingham (Brown, et. al. 1984). Within the frame of thinking of improving asphalt material performance with local modifier, the research aims to evaluate the suitability of the model to examine the result for mixes with pure (fully extracted) asbuton of asphalt binder. The modification that expectly could improve Sbitand Smixwas done with adding 8% by weight of pure asbuton to the Pen grade asphalt in wearing course mix. The research result is hopefully could give significant contribution to the asbuton research in term of model suitability indication, that originally used pen grade, to predict the value of Sbitand Smixwithin the mix of wearing course that used the pure asbuton modified asphalt.

References

Asphalt Institute, 1982, Research and Development of the Asphalt Institute's Thickness Design Manual. (MS-1), RR-82-2. Maryland. USA

Brown S. F., Brunton J. M., 1984, An Introduction to The Analytical Design of Bituminous Pavements, University of Nottingham. UK.

Bonnaure F, Gest G, Gervois A, Uge P., 1977, Proceedings, Association of Asphalt Paving Technologists.

Shell Bitumen, 2003, The Shell Bitumen Handbook, london. UK.

Ullidtz P, Larsen BK., 1984, Mathematical model for predicting pavement performance. Transportation Research Record.

Van der Poel C, 1954, Proceedings of 1st international congress of rheology, vol 2. Butterworth's Scientific Publications, London.

Downloads

Published

2018-04-06

How to Cite

Rahman, H., & Zega, R. T. (2018). Analisis Kesesuaian Model Modulus Aspal dan Campuran Laston Lapis Aus untuk Aspal Modifikasi Asbuton Murni. Jurnal Teknik Sipil, 25(1), 71-80. https://doi.org/10.5614/jts.2018.25.1.9

Issue

Section

Articles